Membersihkan Noda di Bagian Kerah dan Ketiak

Kompas.com - 29/08/2017, 11:45 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Coba lihatlah kaos putih Anda. Apakah warnanya masih sama seperti saat pertama kali membelinya? Bisa jadi tidak. Seberapa bagus pun pakaian Anda, pada akhirnya akan terkena noda yang tidak enak dipandang, terutama di bagian kerah dan ketiak.

Keringat menjadi penyebab utama munculnya noda kekuningan itu. Dikombinasikan dengan minyak pada tubuh, penumpukan produk kimia, dan polusi udara juga ikut menambah noda yang mengurangi kebersihan pakaian.

Bisa jadi Anda tidak menyadari noda yang perlahan menumpuk, tetapi minyak pada tubuh dan keringat perlahan akan meresap ke serat-serat pakaian saat kita berkeringat.

"Minyak pada tubuh yang mengenai pakaian sulit dibersihkan karena tidak dapat menyatu dengan air," kata Jennifer Ahoni, ilmuan senior perawatan pakaian dari Procter and Gamble.

Setelah berkeringat terus menerus, terlepas dari seberapa sering Anda mencuci pakaian , kotoran yang menumpuk di kerah akan berubah menjadi warna kekuningan atau ke abu-abuan.

Cegah sebelum terjadi
Kita tidak bisa memaksa tubuh untuk berhenti berkeringat, tapi kita bisa mencegah seberapa banyak tubuh kita mengeluarkan keringat.

Berkeringat merupakan cara tubuh kita menjaga suhu tubuh tetap normal ketika suhu meningkat. Jika memungkinkan, gunakan deodoran dan antiperspiran seminimal mungkin. Aluminium pada antiperspiran yang bereaksi dengan keringat menimbulkan noda kuning yang sangat sulit dibersihkan.

"Salah satu tips favorit kami adalah dengan mengoleskan bedak tipis-tipis pada deodoran sebelum berpakaian. Hal ini untuk menjaga daerah ketiak tetap kering, menyerap kelembapan, dan mengurangi noda keringat. Cuci pakaian setelah dipakai. Jangan biarkan noda menempel terlalu lama" Kata Stephanir Cyekovic, penulis dari Expert Home Tip.

Atasi noda
Jennifer Ahoni merekomendasikan untuk menyamarkan noda kuning dengan asam cuka. Air cuka dapat memecah ikatan antara serat dan keringat. Rendam selama 20 menit, setelah itu rendam lagi dengan produk pembersih pakaian selama 20 menit lagi. Ulangi proses tersebut seperlunya dan jangan masukkan mesin cuci sebelum nodanya hilang.

Anda juga dapat membersihkan noda pada pakaian dengan alat dan bahan sederhana yang terdapat di rumah. Cukup larutkan lima sendok makan garam dan satu liter air panas. Gunakan spons dan celupkan ke dalam larutan, kemudian gosokkan pada area yang terkena noda. Setelah itu, cuci pakaian dengan mesin cuci dan campurkan dengan secangkir baking soda.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber menshealth
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X