Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2017, 19:18 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Olah raga lari dipercaya mampu membuat tubuh menjadi lebih bugar, apalagi jika dilakukan dengan benar dan teratur. Selain bisa menyehatkan badan, lari juga bisa memperbaiki suasana hati dan mencegah seseorang menjadi kegemukan.

Jika lari dilakukan secara rutin, misal selama satu minggu Anda berlari sebanyak 6 hari, maka setidaknya harus ada 1 hari dimana tubuh sebaiknya beristirahat.

Saat beristirahat itulah, sangat baik bagi pelari untuk melakukan yoga roga. Apa itu yoga roga? Dilansir dari Yogapedia, roga adalah nama yang diberikan pada gaya yoga modern yang dirancang khusus untuk pelari.

"Yoga bisa masuk ke segala macam jenis olah raga yang lain, aliran roga for runners, semua gerakan dikhususkan untuk menstretching otot ke bagian yang disiksa saat berlari," kata Dian Nitami yang telah menekuni yoga sejak 2013 ini kepada Kompas Lifetsyle di Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Istri Anjasmara --yang telah lebih dulu belajar yoga sejak 2004-- mengatakan, yoga roga cocok bagi para pelari untuk memulihkan kembali otot-otot yang digunakan bergerak saat berlari.

Baca: 25 Aturan Emas dalam Berlari

Dian Nitami saat memperagakan yoga di Konferensi pers The Color Run 5K CIMB NIAGA.KOMPAS.com/Iwan Supriatna Dian Nitami saat memperagakan yoga di Konferensi pers The Color Run 5K CIMB NIAGA.
Roga dapat membantu pelari untuk menghindari cedera dan juga membantu mereka berlari lebih efektif. Gerakan-gerakannya juga bisa membantu menjaga pikiran mereka tetap bersih dan fokus saat berlari.

"Semua asana (postur) yang dibuat dikhususkan untuk bagian-bagian yang sangat diperlukan bagi para pelari," tutur Dian.

Suatu rangkaian roga biasanya dimulai dengan teknik pernapasan dan latihan kesadaran sebelum beralih ke postur tubuh yang memperbaiki tubuh dan pikiran pelari.

Gerakannya biasanya mencakup postur yang melonggarkan atau menguatkan area yang sering dipakai pelari, seperti tulang kering dan paha belakang.

Baca: Dian Nitami: Yoga, Flek Wajah, dan Tabir Surya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com