Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2017, 21:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sikap romantis dan penuh kelembutan sebenarnya merupakan kunci untuk menghasilkan gairah seksual yang membara. Sentuhan fisik sederhana itu merupakan ungkapan cinta sesungguhnya.

Jadi, bila ingin meningkatkan gairah seksual dan kebahagiaan dalam hubungan seks, isyarat intim seperti memeluk, mengatakan hal-hal romantis, atau bahkan dengan penuh cinta menghias ruangan adalah langkah ke arah yang benar—terutama untuk pria.

"Bertentangan dengan beberapa stereotip, perilaku yang paling menarik, bahkan untuk pria, adalah perilaku romantis dan penuh kasih sayang," kata peneliti Debby Herbenick.

Menurut temuan yang diterbitkan oleh University of Indiana’s School of Public Health-Bloomington, sikap romantis yang diwujudkan dalam sentuhan fisik sangat penting.

"Ini termasuk berciuman lebih sering saat berhubungan seks, berpelukan, mengatakan hal-hal manis atau romantis saat berhubungan seks, atau persiapan untuk berhubungan seks," kata Herbenick.

Selama ini, kaum wanita dianggap sebagai pihak yang lebih menyukai ungkapan cinta lewat sentuhan fisik seperti bergandengan tangan atau berpelukan. Nyatanya, pria juga merasa membutuhkannya saat berada di ranjang.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di PLOS One, menggunakan sampel lebih dari 2.000 pria dan wanita, tim peneliti menyurvei apakah mereka telah melakukan lebih dari 30 aktivitas seksual. Periset juga meneliti tingkat ketertarikan dari 50 kali perilaku seks.

Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun banyak peserta menilai berbagai aktivitas seksual sebagai hal yang menarik dan mungkin telah mencobanya, namun belakangan ini aktivitas itu tidak lagi dilakukannya.

"Data ini menunjukkan bahwa pasangan perlu berbicara lebih terbuka satu sama lain tentang hasrat dan minat seksual mereka," Herbenick menjelaskan.

Hubungan seks yang terlalu "to the point" memang bisa membuat bosan dan gairah seks lama-lama padam. Jadi, luangkan waktu sedikit lebih lama untuk melakukan sentuhan fisik yang intim dan melibatkan emosi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com