Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Kompas.com - 02/09/2017, 22:45 WIB
Ilustrasi anak disuntik JovanmandicIlustrasi anak disuntik
Penulis Wisnubrata
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Imunisasi sangat efektif untuk mencegah penyakit menular. Namun, dalam beberapa kasus, imunisasi juga bisa memberikan efek samping tertentu. Efek samping ini sering kali membuat orangtua takut memberikan anaknya imunisasi.

Nah, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja efek samping imunisasi yang mungkin terjadi agar Anda tidak takut lagi untuk mendapatkan imunisasi.

Imunisasi atau vaksin, layaknya obat-obatan lain, memang memiliki efek samping. Akan tetapi, efek samping yang serius jarang sekali terjadi. Pada umumnya imunisasi hanya akan menimbulkan efek samping ringan dan akan hilang sendiri dalam waktu beberapa hari.

Risiko munculnya efek samping imunisasi jauh lebih rendah dibandingkan dengan risiko kena penyakit yang sebenarnya dapat dicegah oleh imunisasi.

Setiap imunisasi memiliki efek sampingnya masing-masing. Namun, efek samping yang paling umum di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Nyeri pada lokasi suntikan

Anda mungkin merasakan nyeri di bagian yang disuntik. Akan tetapi, hal ini wajar dan tidak membahayakan. Nyeri saat disuntik bisa dihindari dengan cara menggenggam bola karet, boneka, atau benda lembut lainnya.

Anda juga dapat mengecoh pikiran Anda sendiri dengan membayangkan Anda akan disuntik di bagian tubuh lain, bukan di lengan atau paha seperti seharusnya. Hal ini akan membantu Anda mengalihkan perhatian dari rasa sakit di bagian tubuh yang benar-benar disuntik.

2. Fobia jarum suntik

Anak atau orang dewasa bisa mengalami fobia terhadap jarum suntik sebagai salah satu efek samping imunisasi. Meskipun jarang terjadi, beberapa orang yang mengidap fobia jarum suntik bisa pingsan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X