Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2017, 21:47 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Sebagian besar pelumas seks yang dijual di pasaran mengandung daftar bahan kimia yang mengganggu keseimbangan pH alami vagina sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Namun bila Anda dan pasangan termasuk yang memerlukan pelumas saat bercinta, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan.

Apapun yang Anda pakai, prinsipnya adalah pastikan produk tersebut mengandung bahan-bahan sehat dan berkadar kimia rendah, menurut Dr Madeleine M . Castellanos, seorang psikiater berlisensi sekaligus seorang profesor di New York Univeristy.

“Anda tidak ingin memasukan bahan-bahan sintetis ke dalam bagian tubuh Anda yang sangat sensitif, karena semua partikel asing dapat dengan mudah diserap lewat sana,” jelasnya. “Anda ingin pelumas sealami mungkin yang tidak menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan dalam tubuh Anda.”

Untungnya, ada beberapa produk alternatif yang dikenal sebagai pelumas seks alami terbaik. Berikut 4 di antaranya:

1. Minyak

Minyak goreng adalah alternatif pelumas seks alami yang paling umum digunakan oleh wanita yang mengalami iritasi dengan pelumas berbahan kimia. Pemakaian minyak goreng juga didasari oleh fakta bahwa minyak ini aman tertelan ke dalam tubuh.

Tapi, tidak semua minyak goreng diciptakan sama. Proses penyulingan dan hidrogenasi minyak goreng bisa memberikan efek yang bertahan lama dalam tubuh, membuat Anda rentan terhadap pertumbuhan bakteri dalam prosesnya.

Jika Anda ingin tetap menggunakan minyak goreng sebagai pelumas, pilih jenis minyak masak yang paling alami seperti minyak zaitun atau minyak almond manis. Meskipun berpotensi menodai kain seprai dan pakaian, minyak ini umumnya aman, melembabkan kulit, dan meninggalkan aroma yang menyenangkan.

Ingat, jangan gunakan pelumas berbahan dasar minyak jika Anda menggunakan kondom lateks karena akan menurunkan dan melemahkan kualitas lateks; membuat kondom rentan rusak. Pelumas berbasis minyak (dan petroleum jelly) juga dapat melemahkan diafragma. Hati-hati juga terhadap risiko reaksi alergi, terutama dari minyak kacang-kacangan.

Baca juga: Pakai Pelumas Saat Berhubungan Seks Hambat Kehamilan?

2. Putih telur

Melumasi vagina dengan putih telur tampak menjijikkan. Tapi menurut mitos yang beredar, menggunakan putih telur sebagai alternatif pelumas seks dapat meningkatkan kemungkinan hamil bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan.

Teori di balik anggapan ini adalah tekstur putih telur yang meniru konsistensi lendir serviks, yang membantu sperma menemukan jalan ke bukaan leher rahim untuk membuahi telur. Putih telur juga dipercaya membuat pH vagina lebih basa, sehingga sperma memiliki kesempatan bertahan hidup lebih lama.

Tidak ada cukup bukti data ilmiah untuk mendukung gagasan ini, tapi, yang banyak disetujui oleh para pakar adalah pemakaian putih telur sebagai pelumas seks alami terbilang cukup aman dan minim efek samping.

Walau begitu putih telur dapat terasa lengket dan tak nyaman saat dioleskan, sehingga lebih baik gunakan semacam wadah seperti mangkuk atau penetes obat. Ingatlah untuk menjaganya tetap di suhu kamar. Selain itu, putih telur bukanlah alternatif yang baik bagi Anda yang vegan/vegetarian, atau yang memiliki alergi telur.

Baca juga: Wanita, Janganlah Anda Semprot Parfum ke Vagina

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com