Kompas.com - 05/09/2017, 17:18 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Penuaan kulit pasti terjadi pada setiap orang. Namun, pada pria, penuaan tersebut akan lambat terjadi sehingga penampilannya bisa lebih awet muda dibanding pada wanita.

Menurut penjelasan Dr Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, kulit memiliki tiga lapisan, mulai dari bagian terluar, epidermis, dermis dan hipodermis.

"Nah keuntungan pria, di lapisan dermis di tengah itu, serabut kolagen dan elastinnya lebih tebal. Suatu riset mengatakan ada perbedaan 15 tahun antara (pria dan wanita), kalau misalnya, dua-duanya tidak dirawat dalam usia yang sama," kata Srie dalam peluncuran sabun muka cair dari Nivea Men di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Walau penuaan dini pria lebih lambat, namun Srie mengingatkan proses itu dilihat tanpa pengaruh eksternal dan perawatan.

Sayangnya, yang terjadi saat ini wanita lebih rajin melakukan perawatan kulit dibanding pria, sehingga hasilnya akan tampak awet muda.

Oleh karena itu, dokter dari Erha Klinik Pondok Indah ini menyarankan agar pria juga rajin melakukan perawatan. Tak sulit melakukan perawatan, bisa cukup dengan rajin membersihkan wajah dan bila ada masalah seperti jerawat segera diatasi.

Selain itu, bila memang sudah ada terlihat penuaan maka bisa dilakukan perawatan dengan memakai anti-aging.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.