Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamil Anak Ketiga, Kate Middleton Kembali Alami Mual Muntah Parah

Kompas.com - 06/09/2017, 08:32 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Duke and Duchess of Cambridge berbagi kabar bahagia sedang menantikan kehadiran anak ketiganya. Kabar buruknya, Kate kembali mengalami morning sickness yang parah dan perlu dirawat.

Menurut pernyataan resmi dari Kensington Palace, ibu dari Pangeran George (4) dan Putri Charlotte (2) ini menderita hyperemesis gravidarum atau mual muntah yang parah. Kondisi tersebut juga ia alami pada dua kehamilan sebelumnya.

"Yang Mulia the Duke and Duchess of Cambridge sangat berbahagia mengumumkan sedang menantikan anak ketiga," tulis pengumuman resmi.

"Sang Ratu dan seluruh anggota keluarga sangat senang dengan kabar ini."

Karena hyperemesis gravidarum itu, sejumlah acara yang harus dihadiri Kate harus dibatalkan. "The Duchess saat ini dirawat di Kensington Palace," katanya.

Morning sickness alias mual muntah di awal kehamilan merupakan hal yang wajar dialami calon ibu. Diperkirakan 85 persen ibu hamil mengalaminya. Namun, kondisi hyperemesis gravidarum hanya diderita tak sampai 2 persen "bumil".

Kondisi tersebut membutuhkan perawatan karena calon ibu bisa mengalami dehidrasi, kelelahan, dan kurang nutrisi akibat mual muntah yang parah. Calon ibu juga bisa mengalami penurunan berat badan, gangguan elektrolit, bahkan akibat yang lebih berat berupa gangguan liver dan tiroid.

Meski sang ibu menderita morning sickness berat, tetapi pada umumnya kondisi bayi tetap dalam kondisi baik.

"Bayi biasanya tetap tumbuh normal, bahkan kadang-kadang besar. Ini berarti mereka memang punya bakat ajaib untuk menyerap nutrisi dari tubuh ibunya," kata Katherine Hicks, dokter kebidanan dan kandungan dari Massachusetts, AS, seperti dikutip dari situs Parents.com.

Walau begitu, jika ibu tidak bisa mengonsumsi makanan atau minuman sama sekali, ia harus dirawat dan diinfus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com