Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2017, 10:38 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bagi  sebagian besar orang Indonesia, tak lengkap rasanya makan tanpa ditemani sambal. Namun, membuat sambal yang enak terkadang harus sedikit repot, terutama jika harus menggunakan cara tradisional yang diulek.

Chef Yuda Bustara mengungkapkan, proses mengulek memang akan membuat rasa sambal lebih enak. "Waktu diulek itu cabai yang ditekan ke ulekan akan keluar minyak alaminya, jadi rasa pedasnya kuat menempel di lidah," katanya saat ditemui Kompas Lifestyle beberapa waktu lalu.

Namun, bagi lulusan Taylor's Collage and Universite Le Mirail School of Hospitality and Tourism di Malaysia ini ada cara yang lebih mudah untuk membuat sambal enak tanpa repot mengulek.

Ia menjelaskan, setelah bahan-bahan sambal diblender kemudian blender tersebut ditumis dengan menggunakan sedikit minyak.

"Rasanya enggak akan berubah, intinya setelah diblender lalu di tumis, minyak alaminya akan keluar juga," terang penggemar Chef kenamaan Sisca Soewitomo dan om Rudy Choirudin ini.

Sementara untuk tingkat kehalusannya, tergantung selera masing-masing orang. Jika suka sambal dengan ulekan cabai kasar maka pada saat memblender disarankan untuk tidak memblendernya terlalu lama.

Kalau ingin sambal yang dihasilkan lebih halus artinya harus diblender lebih lama, tergantung selera. Intinya, untuk tidak merubah rasa, setelah bahan diblender disarankan untuk ditumis.

Menurut Yuda, dengan semakin majunya teknologi peralatan dapur, dirinya lebih memilih untuk memanfaatkan teknologi yang ada ketimbang harus repot untuk mengulek sambal secara manual yang cukup menguras tenaga.

"Kalau ada teknologi yang lebih canggih kenapa kita harus repot-repot, yang pentingkan rasanya enak tidak berbeda," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.