Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tidur Nyenyak, 5 Elemen Kunci Wajib Ada di Kamar

Kompas.com - 06/09/2017, 16:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

Sumber LifeHack

KOMPAS.com - Tidur adalah satu-satunya cara efektif untuk memperbaiki dan meremajakan tubuh. Karena itu kebutuhan tidur setidaknya 7-8 jam di malam hari tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Sudah banyak penelitian yang mengungkap bahaya kurang tidur dalam jangka pendek dan jangka panjang, mulai dari mudah terserang gelisah, sakit kepala, meningkatnya detak jantung, hipertensi, gangguan pencernaan, depresi, bahkan disfungsi sistem kekebalan tubuh.

Faktor lingkungan berpengaruh besar pada kemampuan kita mendapatkan tidur yang nyenyak. Misalnya suhu udara yang terlalu dingin atau panas, kebisingan, cahaya, kenyamanan tempat tidur, bahkan gangguan gadget.

Penelitian mengungkap, orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan atau generasi modern lebih sering mengalami gangguan tidur. Kesalahan yang paling sering dilakukan mengubah kamar tidur mereka menjadi pusat hiburan dengan memasang televisi, game, sampai sound system yang menghasilkan suara keras.

Mungkin Anda berpendapat kamar tidur yang tidak memiliki fasilitas hiburan bakal membosankan, tapi kamar tidur memang seharusnya dioptimalkan untuk tidur.

Berikut ini adalah 5 elemen kunci yang harus Anda ketahui agar tidur Anda menjadi lebih berkualitas.

1. Pencahayaan

Buatlah kamar Anda sedikit redup dengan lampu yang tidak terlalu terang. Anda bisa memasang lampu-lampu kecil yang diletakan pada meja di samping kamar tidur. Tidak usah menggantinya dengan bohlam berwarna merah, karena hanya akan menimbulkan kesan panas di kamar.

2. Gorden

Pemilihan gorden juga menentukan kualitas tidur. Gorden yang Anda pilih untuk kamar tidur sebaiknya memiliki bahan yang tidak tembus bila terkena sinar matahari atau cahaya lampu. Biasanya hotel memakai gorden jenis itu karena ingin memberikan kenyamanan pada konsumennya untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

(Baca juga: 5 Cara Agar Tetap Terlihat Segar Walaupun Kurang Tidur)

3. Warna kamar

Jika Anda ingin menciptakan suasana tenang, maka disarankan untuk menggunakan warna-warna menenangkan, di antaranya, lavender, abu-abu pucat, biru, aqua, pink pucat dan krem.

4. Suhu

Mungkin tampak menarik ketika memiliki ruangan yang hangat, karena hal itu membuat tidur mengantuk , tapi itu sebenarnya bukan suhu yang ideal. Kamar Anda seharusnya berada di sisi yang sejuk.

Suhu tubuh secara alami turun saat kita tertidur sehingga membuat ruangan yang lebih dingin dapat membantu memulai prosesnya, membuatnya kantuk lebih cepat datang, dan membantu Anda tidur nyenyak. Pakar tidur mengatakan, kamar Anda harus 5 sampai 10 derajat lebih dingin dari pada suhu siang hari rata-rata.

5. Kasur

Ada begitu banyak pilihan untuk berbagai macam model kasur, sementara Anda mungkin ingin memilih kasur yang paling lembut. Kasur yang ideal dalam hal ini adalah kasur yang kokoh dengan bantalan atas yang lebih lembut. Ini akan membantu memberikan keseimbangan dan dukungan ideal bagi tulang belakang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber LifeHack
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com