Kompas.com - 06/09/2017, 16:43 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Lari adalah olahraga yang dapat dinikmati siapa saja, mulai dari anak kecil sampai orang tua, juga pria dan wanita. Tetapi di banyak tempat dan acara, kebanyakan rekor lari cepat dipegang oleh pria daripada perempuan.

Kenapa pria bisa lari lebih cepat dibandingkan perempuan, padahal tekad, usaha dan durasi latihannya sudah sama besar?

Jawaban atas pertanyaan ini bermacam-macam, namun banyak berkaitan dengan perbedaan hormon dan ukuran tubuh antara laki-laki dan wanita. Berikut penjelasannya.

Kekuatan otot adalah faktor utama yang menentukan seberapa baik seseorang berlari. Laki-laki pada umumnya mampu menghasilkan kekuatan dan kecepatan yang lebih besar dibandingkan perempuan karena memiliki massa otot yang lebih besar.

Laki-laki dan perempuan memiliki jumlah serabut otot yang sama, namun pria secara natural memang memiliki tingkat hormon testosteron yang lebih tinggi sehingga menghasilkan ukuran serat otot yang lebih besar.

Hormon testosteron memiliki beberapa peran, termasuk dalam pengaturan untuk pembuatan sel darah baru, menjaga tulang dan otot tetap kuat, serta mendorong pertumbuhan otot. Karena wanita memiliki hormon testosteron yang lebih sedikit, maka perempuan akan memiliki massa otot yang lebih kecil dibandingkan laki-laki.

Pada dasarnya, sebelum mencapai masa pubertas, tubuh anak laki-laki dan perempuan memiliki kadar testosteron yang hampir sama. Akan tetapi, testosteron pada tubuh anak laki-laki akan melonjak tinggi begitu sudah puber. Kadar testosteron laki-laki dewasa bisa 20 kali lipat lebih banyak dibandingkan perempuan.

Dokter Emily Kraus, seorang dokter perawatan olahraga di Stanford Health Care, California, mengatakan bahwa hampir 80 persen dari kaki pria dewasa terdiri dari otot, sementara perempuan hanya 60 persen.

Massa otot yang lebih besar ini dapat membantu pria berlari dengan lebih cepat. Selain itu, perempuan memiliki hormon estrogen yang lebih banyak daripada laki-laki, yang menyebabkan perempuan memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi daripada laki-laki.

Beda kapasitas paru-paru

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.