Kompas.com - 07/09/2017, 10:19 WIB
Ilustrasi fashion show Telegraph.co.ukIlustrasi fashion show
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Dua rumah mode terbesar di Prancis pada hari Rabu mengumumkan bahwa mereka akan berhenti menggunakan model busana yang memiliki tubuh kurus dan tidak sehat (unhealthy thin).

Perjanjian itu diadopsi oleh LVMH dan Kering, raksasa fashion yang memiliki merek seperti Dior, Gucci dan Louis Vuitton. Kesepakatan itu sejalan dengan undang-undang baru Prancis yang mewajibkan model untuk memberikan sertifikat medis yang membuktikan bahwa mereka sehat sebelum mereka dapat bekerja.

Aturan hukum Perancis, yang mulai berlaku pada 1 Oktober 2017, mewajibkan model pria dan wanita untuk memberikan sertifikat kesehatan yang diperoleh maksimal dalam dua tahun sebelumnya.

LVMH dan Kering mengatakan akan menurunkan jangka waktu tersebut hingga maksimal enam bulan. Aturan tersebut juga melarang para label mewah menggunakan model wanita di bawah ukuran 0-2 (US) dan 6 (UK).

Mereka mengatakan bahwa kesepakatan tersebut akan mulai berlaku bulan ini, saat musim fashion show koleksi spring-summer ready-to-wear. Aturan tersebut juga akan berlaku untuk merek Kering dan LVMH internasional yang akan digelar di Milan, London dan New York.

Kedua perusahaan tersebut mengatakan, mereka berharap bisa menetapkan standar global baru untuk industri busana. "Kami berharap dapat menginspirasi seluruh industri untuk mengikutinya, sehingga membuat perbedaan besar pada kondisi kerja profesi fashion models di seluruh industri," kaya CEO Kering Francois-Henri Pinault.

Aturan ini juga menuntut setiap merek memiliki psikolog untuk model yang bisa dihubungi melalui telepon atau di tempat kerja selama jam kerja. Dua rumah mode raksasa itu termasuk Dior, Kenzo, Stella McCartney, Saint Laurent, Gucci, Louis Vuitton, Marc Jacobs dan lain-lain.



Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X