Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Tak Keberatan Jika Pendidikan Istri Lebih Tinggi

Kompas.com - 07/09/2017, 13:27 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber Foxnews

KOMPAS.com - Setiap orang tentu memiliki kriteria ideal pasangan hidupnya. Tak cukup berbekal cinta atau fisik yang rupawan, ternyata tak sedikit pria yang memilih wanita berpendidikan tinggi untuk dinikahinya.

Yang menarik, menurut studi terbaru dari Universitas Kansas, banyak juga wanita yang tak keberatan menikah dengan pria yang tingkat pendidikannya lebih rendah dari dirinya.

"Jumlah wanita berpendidikan tinggi meningkat dalam beberapa dekade terakhir, kemungkinan menikahi pasangan berpendidikan lebih tinggi meningkat pada pria, sedang pada wanita justru tak sedikit yang memiliki suami yang pendidikannya lebih rendah," tulis laporan tersebut.

Untuk mendapatkan kesimpulan ini, para peneliti menganalisa perubahan spesifik gender terkait finansial, kemudian pendidikan di kalangan orang berusia 35-44 tahun. Penelitian ini menggunakan data sensus Amerika Serikat dari tahun 1990 dan 2000 dan American Community Survey tahun 2009-2011.

Studi tersebut menemukan bahwa penghasilan perempuan tumbuh lebih cepat daripada pendapatan pria, dan bahwa wanita menjadi lebih berpendidikan daripada laki-laki.

Ini menunjukkan fakta gabungan bahwa tingkat pendidikan suami kini lebih rendah daripada istri mereka dibanding sebelumnya, dan penghasilan pria mengalami stagnasi, kontribusi suami terhadap pendapatan keluarga juga telah menurun.

Di sisi lain, kontribusi istri terhadap pendapatan keluarga meningkat secara signifikan. “Ini bisa menjelaskan mengapa nampaknya pria tidak banyak mengeluh tentang hal ini,” kata penulis utama ChangHwan Kim, yang juga professor sosiologi.

Menurut temuan tersebut, pernikahan menjadi lebih setara. “Jika Anda melihat dinamika gender atau dari sudut pandang kesetaraan pernikahan, itu adalah pertanda yang sangat bagus,” kata Kim.

Bagaimana dengan di Indonesia? Riset yang dilakukan perusahaan layanan perjodohan, Lunch Actually pada tahun 2015 mengungkap ada perbedaan kriteria wanita dan pria Indonesia dalam memilih pasangan.

Menurut CEO Lunch Actually Violet Lim, faktor menarik yang dilihat oleh pria di Jakarta dari seorang wanita adalah wajah yang cantik, bentuk tubuh yang menarik, dan baik hati.

"Sementara itu, wanita akan mencari pria dengan tiga karakter dasar, yaitu pendapatan yang baik, percaya diri, dan memiliki selera humor yang bagus," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Foxnews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com