Kompas.com - 07/09/2017, 19:19 WIB
Ilustrasi sakit flu cyano66Ilustrasi sakit flu
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Jika Anda merasa gatal di tenggorokan atau hidung mulai berair, apakah sudah terlalu terlambat untuk mengurangi risiko terkena pilek atau flu? Tidak sama sekali!

Hal terbaik yang Anda dapat lakukan adalah mengambil aksi cepat dan mencegah mulainya penyakit dengan menyantap makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menumpas kuman sebelum pilek dan flu menyerang tubuh Anda.

Berikut adalah lima makanan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pilek atau flu.

1. Sup ayam

Terdengar klise, namun penelitian medis menyatakan bahwa sup ayam dapat menekan peradangan yang menyebabkan gejala pilek dan flu. Sup ajaib ini juga dapat mencairkan lendir sehingga rasa mampet pada hidung, dada, dan tenggorokan akan berkurang.

Penambahan mi dan sayur akan membuat sup ini semakin mujarab karena karbohidrat dapat meningkatkan energi, dan sayuran akan meningkatkan nutrisi pada sup, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Bawang putih

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bawang adalah bahan makanan yang kaya akan antioksidan dan telah diteliti memiliki zat antivirus sehingga dapat mencegah pilek atau flu serta memperpendek durasi sakit. Senyawa minyak allicin (senyawa yang memberikan harum khas pada bawang putih) ampuh untuk melawan pilek dan flu.

Meski memakan bawang putih mentah lebih baik, Anda tidak perlu memaksakan kalau memang tak suka. Suplemen bawang putih seperti serbuk, minyak, dan ekstrak memiliki kemampuan menyembuhkan yang sama. Anda cukup mengonsumsi satu atau dua siung bawang setiap harinya untuk menghindarkan diri Anda dari kunjungan dokter rutin.

3. Madu

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X