Ingin Bahagia Setiap Hari? Coba 4 Cara Ini

Kompas.com - 08/09/2017, 08:00 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Banyak orang yang mencoba melakukan segala cara untuk mencapai kebahagiaan. Padahal, seperti yang dikatakan Aristoteles, 'Kebahagiaan adalah sebuah aktivitas'. Jadi, tidak perlu menunggu sampai Anda punya rumah atau mobil mewah untuk merasa bahagia.

"Ada banyak hal dalam hidup yang mungkin menimpa kita, tapi masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan, dan menjadi bahagia adalah salah satunya," kata Jason Wheeler, PhD, seorang psikoanalis di New York City.

Wheeler dan dua orang terapis mencoba berbagi strategi untuk membantu kita tetap positif, bahkan selama masa stres. Di sini, ada empat langkah untuk menjadikan rasa bahagia hadir di kehidupan kita setiap hari.

Tuliskan rasa syukur

Tak hanya di dalam hati, studi menunjukkan bahwa mengungkapkan rasa syukur secara tulisan bisa berujung pada manfaat kesehatan, seperti tidur lebih nyenyak dan menurunkan risiko depresi.

"Jika saya merasa down atau cemas, saya akan menulis daftar hal-hal yang bisa saya syukuri hari ini dan mengucapkan rasa syukur atas hal-hal itu," kata terapis Kasi Howard, PsyD, "Cara ini mampu mereset pola pikir saya dan berhenti merenungkan hal-hal yang membuat stres. Cara ini juga hebat dalam meningkatkan mood. "

Siap mencobanya sendiri? Howard memberi tantangan kepada Anda untuk membuat daftar tentang hal-hal yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan bersyukur selama 21 hari.

Berlari

“Olahraga lari adalah sumber kewarasan bagi saya," kata Howard. "Bukan sekadar penurun stres, lari juga memberikan saya kesempatan untuk menemukan ide-ide baru."

Ada alasan ilmiah mengapa Howard merasa sangat bahagia usai sesi berlari yang berkeringat. Olahraga menyebabkan lonjakan adrenalin di seluruh tubuh, yang diikuti oleh pelepasan endorphin yang meningkatkan mood.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber MSN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X