Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2017, 13:00 WIB
Wisnubrata

Penulis

KOMPAS.com - Batman tidak pernah digambarkan gendut, baik dalam film maupun komik. Jagoan itu selalu memiliki tubuh berotot yang siap melawan para penjahat.

Namun bila hari-hari ini Anda bertemu Christian Bale, pemeran Batman dalam Dark Knight, Anda tidak akan mengenalinya sebagai jutawan Bruce Wayne yang saat malam tiba akan mengenakan kostumnya menjadi manusia kelelawar.

Bale saat ini lebih mirip om-om gendut yang kurang memperhatikan penampilan. Tubuhnya yang membesar membuatnya lebih sering mengenakan pakaian longgar  yang membuat penampilannya tampak kurang rapi. Ada apa dengan Sang Batman?

Christian Bale dalam American Psycho tahun 2000emgn Christian Bale dalam American Psycho tahun 2000
Seperti sudah diketahui, Christian Bale adalah aktor yang total dalam memerankan lakonnya. Perubahan tubuh ini bukan tanpa alasan. Ia pernah memiliki tubuh idaman saat berperan dalam American Psycho tahun 2000 dan Reign of Fire tahun 2002.

Christian Bale dalam The Machinistemgn Christian Bale dalam The Machinist
Lalu menjalani diet ketat dan menjadi sangat kurus saat berperan dalam film The Machinist tahun 2004, dengan berat hanya sekitar 60 kg, alias mengurangi 35 kg dari berat sebelumnya.

Christian Bale dalam Batman Beginsemgn Christian Bale dalam Batman Begins
Lalu saat memerankan Batman dalam Batman Begins tahun 2005, ia menambah berat sekitar 40 kilogram menjadi jagoan berotot. Tahun 2006 ia mengurangi 25 kg saat berperan sebagai tawanan perang di film Rescue Dawn, yang dikembalikannya lagi saat menjadi Batman dalam Dark Knight, 2008.

Christian Bale dalam The Fighteremgn Christian Bale dalam The Fighter
Ia menjalani diet lagi dan mengurangi 15 kilogram beratnya saat bermain dalam The Fighter tahun 2010. Di film itu Bale tampak sangat kurus. Namun lagi-lagi ia berhasil mengembalikan otot-ototnya untuk peran Batman dalam The Dark Knight Rises tahun 2012.

The Dark Knightemgn The Dark Knight
Di 2013, tubuh Bale menggemuk dan perutnya buncit untuk peran dalam film American Hustle. Namun seperti biasa, Bale tidak kesulitan menjadi langsing lagi dalam film Exodus: Gods and Kings tahun 2014.

Christian Bale dalam American Hustleemgn Christian Bale dalam American Hustle
Kini tampilan gemuk Bale juga bukan tanpa alasan. Aktor berusia 43 tahun itu sedang mempersiapkan diri untuk memerankan mantan wakil presiden AS Dick Cheney dalam film “Backseat”. Ia juga mengubah warna alisnya menjadi pirang agar menyerupai politisi itu.

Backseat yang akan mulai dibuat bulan ini adalah kisah bagaimana politik Cheney mengubah dunia. Film ini juga dibintangi Amy Adams sebagai Lynne Cheney, Sam Rockwell sebagai mantan Presiden George W. Bush, Steve Carell sebagai Donald Rumsfeld dan Bill Pullman sebagai Nelson Rockefeller.

Setelah film ini selesai, tentu banyak yang berharap Bale kembali ke bentuk tubuhnya semula, sesuatu yang mudah saja dia lakukan. Dan mungkin sebagian dari kita mengharapkan kembalinya tubuh Bale jugaberarti kembalinya Batman. Siapa tahu ada Batman Return...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com