Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Harus Diperhatikan Saat Racik Kopi di Rumah

Kompas.com - 08/09/2017, 17:28 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Minum kopi di kafe atau pesan online kini menjadi bagian dari gaya hidup kaum urban. Padahal, ngopi enak juga bisa kita lakukan di rumah. Masalahnya, tak semua orang paham bagaimana cara meracik kopi di rumah dengan baik.

Pendiri komunitas Indonesia Latte Art Artist (ILAA) Ardian Maulana memberikan tips agar kopi yang diseduh di rumah tak kalah nikmat.

Bagian pertama yang harus diperhatikan, kata Ardian, adalah proporsi. Setiap peracik harus memahami betul takaran kopi. Dia menyarankan agar membuat kopi dengan menggiling bijinya terlebih dahulu agar cita rasa kopi tak berubah.

Perhatikan juga berapa takaran dari kopi tersebut. "Biasanya adalah sekitar 13 gram untuk membuat secangkir kopi," kata Ardian saat workshop Good Coffee at Home di Indonesia's Biggest Business Expo 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Setelah itu yang harus dipahami adalah kadar kehalusan dari kopi. Perlu diketahui bahwa kadar kehalusan sangat berpengaruh pada proses penyeduhan nanti.

"Semakin halus, maka semakin cepat, bila kasar maka semakin lama," katanya.

Pendiri komunitas Indonesia Latte Art Artist (ILAA) Ardian Maulana memberikan tips agar kopi yang diseduh di rumah juga tak kalah nikmat saat workshop Good Coffee at Home di JCC, Jakarta, Jumat (8/9/2017).KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Pendiri komunitas Indonesia Latte Art Artist (ILAA) Ardian Maulana memberikan tips agar kopi yang diseduh di rumah juga tak kalah nikmat saat workshop Good Coffee at Home di JCC, Jakarta, Jumat (8/9/2017).
Untuk kopi yang digiling secara manual di rumah biasanya tidak terlalu halus, maka waktu untuk menyeduhnya adalah sekitar 4 menit. Air yang digunakan sekitar 180 ml. Adapun suhu untuk penyeduhan mulai dari 85 - 96 derajat celcius.

Bila tidak ada alat untuk pengukur, maka bisa menggunakan cara praktis, setelah air mendidih kemudian tunggu hingga dua menit agar suhu turun, baru diseduh.

Sementara untuk penuangan juga bisa dilakukan dengan cara seperti diputar dan sedikit berjarak, sehingga kopinya bisa larut secara menyeluruh.

Setelah menunggu selama empat menit, maka bisa dicium aroma kopi pertama kali dengan menggunakan bagian belakang sendok untuk membuang ampas kopi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com