Kompas.com - 09/09/2017, 15:02 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bau mulut memang bisa disebabkan oleh penyakit tersembunyi seperti gangguan pencernaan atau diabetes, tetapi mayoritas kasus sebenarnya bisa diatasi dengan cara mudah.

Napas berbau tidak sedap merupakan pertanda dehidrasi. "Jangan anggap mencuci mulut empat kali sehari akan menghilangkan bau mulut," kata Dr.Ada S.Cooper, juru bicara Asosiasi Dental Amerika.

Ia mengatakan, saat mulut kering, air liur pun berkurang. "Ketika air liur sedikit, sisa makanan dan bakteri akan tinggal di dalam mulut lebih lama," paparnya.

Minum cukup air, bahkan lebih dari 2 liter jika memiliki bau mulut, adalah langkah yang tepat untuk menuntaskan masalah bau mulut. Selain itu, perhatikan asupan kopi, alkohol, merokok, dan obat-obatan, yang juga bisa menyebabkan mulut kering.

Tentu saja ada alasan lain yang memicu bau mulut, selain karena mulut kering.

"Jangan pernah absen menyikat gigi sebelum tidur karena sisa makanan dan bakteri bisa memproduksi bau saat kita tidur," katanya seperti dikutip dari Business Insider.

Jika bau mulut tak juga hilang, dokter gigi biasanya bisa menemukan akar penyebabnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.