Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 24/08/2022, 17:35 WIB
Penulis Wisnubrata
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagaimana cara menyembuhkan radang tenggorokan? Apakah penyembuhan radang ternggorokan harus selalu memakai obat? Tips di bawah ini banyak merekomendasikan penyembuhan radang tenggorokan tanpa obat.

Sakit tenggorokan dapat menjadi pertanda awal dari pilek dan flu, efek samping dari pita suara yang menegang, atau sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan.

Terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan dapat benar-benar mengganggu. Anda mungkin tergoda untuk segera mengunjungi dokter, tetapi beberapa tindakan ternyata dapat Anda lakukan untuk meredakannya.

Baca juga: Resep Susu Kunyit Madu, Bantu Redakan Sakit Tenggorokan dan Batuk 

Berikut adalah 8 cara yang bisa Anda coba saat tenggorokan mulai terasa gatal, serak, atau mulai sakit saat menelan.

1. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan nyeri dan rasa panas sakit tenggorokan.

Beberapa studi menemukan bahwa berkumur air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan.

Campur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali untuk sepanjang hari. Jika rasa asinnya tidak tertahankan bagi Anda, campurkan sedikit madu untuk menetralkan rasa.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Flu

2. Penuhi cairan tubuh

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, Anda perlu lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya. Menjaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari pengobatan radang tenggorokan.

Ketika Anda kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Anda harus mengonsumsi cukup banyak cairan sehingga urin Anda berwarna jernih. Hal ini akan membuat selaput lendir Anda tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu lainnya.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Radang Tenggorokan dan Amandel, Info Ners UnairAir putih adalah solusi terbaik, namun Anda juga bisa menggantinya dengan teh jahe madu hangat, teh hijau tawar hangat, atau sup ayam lezat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.