Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2017, 18:52 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

Sumber LifeHack

KOMPAS.com - Pasti sangat menyebalkan jika sepatu yang baru Anda beli ternyata terasa sempit di kaki. Hal ini bisa saja terjadi karena Anda membeli secara online, atau salah waktu membeli.

Nah, jika Anda tidak bisa mengembalikan atau menukar sepatu yang sempit itu ke toko, namun terlalu sayang untuk membuang atau memberikannya pada orang lain, ada beberapa cara untuk meregangkannya agar sepatu tersebut lebih pas di kaki Anda.

Baca: Bagaimana Ukuran Sepatu yang Pas Untuk Kaki Anda?

1. Gunakan jasa tukang sepatu

Tidak semua tukang sepatu memiliki keahlian untuk memperbesar ukuran sepatu Anda, tapi beberapa ahli bisa merombak sepatu menjadi sedikit lebih besar. Mungkin mereka akan membuka sedikit jahitan atau menggunakan alat-alat untuk membuat sepatu Anda meregang.

2. Pakai lebih sering di rumah

Sebelum Anda memakainya untuk kegiatan, sepatu yang sempit bisa dibuat lebih lebar dengan mengenakannya di rumah. Cara ini akan membantu melonggarkan bahan dan merentangkan sepatunya. Namun lepaskan sepatu itu setiap kali membuat kaki Anda sakit. Untuk mempercepat prosesnya, kenakan sepasang atau beberapa pasang kaus kaki tebal sebelum Anda memasukkan kaki Anda ke dalamnya.

3. Gunakan alat peregang

Beberapa toko sepatu menjual alat yang bisa dimasukkan dalam sepatu untuk meregangkannya. namun bila Anda tidak ingin membeli atau terlalu sulit mencarinya, gunakan kaus kaki atau koran bekas. Caranya dengan menjejalkan barang-barang itu ke dalam sepatu Anda hingga penuh sesak, lalu diamkan. Dengan cara ini sepatu bisa menjadi lebih longgar.

4. Bekukan sepatu Anda

Kita semua pernah mendengar bahwa air akan mengembang saat dibekukan jadi es. Nah, cara itu bisa diterapkan untuk melonggarkan bagian dalam sepatu. Yang harus Anda lakukan, adalah menggunakan kemasan plastik, mengisinya dengan air, dan masukkan ke sepatu Anda.

Kemudian simpan sepatu dengan air di dalamnya dalam frezzer sampai membeku. Setelah itu, biarkan mencair dan cobalah sepatumu. Jika dalam percobaan pertama belum terlihat hasilnya, cobalah untuk mengulangnya sampai sepatu yang Anda pakai terasa nyaman.

Cara ini bisa menjadi sedikit rumit, karena Anda perlu memastikan airnya tidak bocor saat diletakkan di dalam sepatu.

5. Panaskan sepatumu

Selain membekukan, memanaskan sepatu yang terlalu ketat adalah metode populer lainnya. Untuk melakukan ini, kenakan beberapa kaus kaki tebal di kaki, pakai sepatu, lalu panaskan bagian yang sempit menggunakan hair dryer. Pada saat yang sama, gerakkan jari-jari Anda agar sepatu makin lebar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber LifeHack
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com