8 Cara Mengusir Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Kompas.com - 11/09/2017, 13:15 WIB
Ilustrasi sakit tenggorokan, panas dalam g-stockstudioIlustrasi sakit tenggorokan, panas dalam
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Saat sedang asyik-asyiknya makan ikan, tiba-tiba duri ikannya menyangkut di tenggorokan. Pasti hal ini sangatlah mengganggu dan menjengkelkan.

Menelan tulang ikan, atau bahasa umumnya disebut ketulangan, membuat tenggorokan jadi sakit saat menelan makanan. Bahkan kalau tidak segera dilakukan tindakan akan menyebabkan iritasi serta pembengkakan di wilayah tenggorokan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda tak sengaja menelan tulang ikan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Jangan menggunakan tangan!

Jangan sekali-kali Anda mencoba mengeluarkan duri menggunakan tangan yang dimasukkan ke tenggorokan. Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan, terlebih lagi jika Anda tidak dapat menjamin kebersihan tangan Anda.

2. Batuk

Hal pertama yang bisa Anda coba adalah batuk. Dalam beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang terjebak di dalam tenggorokan.

3. Minum air garam

Jika dengan batuk duri masih belum hilang, Anda bisa langsung mengambil segelas air hangat yang ditambahkan dengan sejumput garam. Lalu minum air campuran garam tersebut. Jika duri ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam masuk ke saluran pencernaan.

4. Telan sekepal nasi

Anda juga bisa menelan sekepal nasi hangat tanpa dikunyah. Caranya, ambil nasi segenggam tangan, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil. Ingat, jangan terlalu besar karena Anda berisiko tersedak. Jangan lupa siapkan segelas air agar membantu nasi mendorong duri lepas dari tenggorokan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X