Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengusir Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Kompas.com - Diperbarui 07/01/2022, 09:34 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Saat sedang asyik-asyiknya makan ikan, tiba-tiba duri ikannya menyangkut di tenggorokan. Pasti hal ini sangatlah mengganggu dan menjengkelkan.

Menelan tulang ikan, atau bahasa umumnya disebut ketulangan, membuat tenggorokan jadi sakit saat menelan makanan. Bahkan kalau tidak segera dilakukan tindakan akan menyebabkan iritasi serta pembengkakan di wilayah tenggorokan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda tak sengaja menelan tulang ikan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Jangan menggunakan tangan!

Jangan sekali-kali Anda mencoba mengeluarkan duri menggunakan tangan yang dimasukkan ke tenggorokan. Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan, terlebih lagi jika Anda tidak dapat menjamin kebersihan tangan Anda.

2. Batuk

Hal pertama yang bisa Anda coba adalah batuk. Dalam beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang terjebak di dalam tenggorokan.

3. Minum air garam

Jika dengan batuk duri masih belum hilang, Anda bisa langsung mengambil segelas air hangat yang ditambahkan dengan sejumput garam. Lalu minum air campuran garam tersebut. Jika duri ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam masuk ke saluran pencernaan.

Baca juga: 10 Manfaat Makan Ikan yang Menyehatkan bagi Tubuh

4. Telan sekepal nasi

Anda juga bisa menelan sekepal nasi hangat tanpa dikunyah. Caranya, ambil nasi segenggam tangan, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil. Ingat, jangan terlalu besar karena Anda berisiko tersedak. Jangan lupa siapkan segelas air agar membantu nasi mendorong duri lepas dari tenggorokan.

ilustrasi tulang ikanalexat25 ilustrasi tulang ikan

5. Menelan marshmallow

Selain nasi, Anda juga bisa menelan marshmallow sebagai bantuan. Isi mulut Anda dengan beberapa marshmallow. Lalu kunyahlah marshmallow, namun jangan sampai halus – biarkan sedikit kasar, kemudian telan. Marshmallow memiliki tekstur tebal dan kenyal, ketika terkena air liur berubah menjadi lengket. Hal ini memungkinkan duri menempel pada marshmallow dan luruh menuju pencernaan.

6. Minum minyak zaitun

Hal lain yang dapat Anda coba untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan adalah dengan minum minyak zaitun. Campurkan air hangat dengan minyak zaitun, lalu minumlah.  Minyak zaitun memungkinkan memberikan pelumasan dalam kerongkongan sehingga membuat duri melunak dan terlepas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com