Kompas.com - 12/09/2017, 11:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jika Anda benci pekerjaan yang sekarang, jangan membiarkannya terlalu lama. Bertahan pada pekerjaan yang kita benci berdampak serius pada kesehatan jangka panjang.

Dalam penelitian yang dilakukan tim dari Ohio State University, terungkap bahwa penurunan kepuasan kerja atau pun membenci pekerjaan di usia 20 dan 30-an tahun, berdampak pada status kesehatan di kemudian hari.

"Kepuasan kerja berdampak pada kesehatan di usia 40-an," kata peneliti Jonathan Dirlam.

Efek pekerjaan yang tidak kita sukai itu antara lain depresi, gangguan tidur, dan kecemasan. Mereka juga cenderung akan didiagnosis memiliki masalah emosional.

Sebaliknya, orang yang pada awalnya bahagia dengan pekerjaannya kemudian makin tidak puas, juga memiliki gejala-gejala kesehatan yang sama. Bedanya, mereka tidak terlalu depresi.

Dampaknya ternyata tidak sebatas pada psikologi saja, tetapi juga pada fisik. Mungkin Anda pernah mengalami rasa tidak enak badan setiap kali bangun tidur dan harus ke kantor. Mungkin juga Anda sering izin sakit.

Penelitian lain menunjukkan bahwa stres bekerja karena pekerjaan yang dibenci juga terkait dengan jumlah sel darah putih yang sedikit. Itu berarti risiko infeksi juga meningkat.

Kabar baiknya, status kesehatan akan meningkat jika kita meninggalkan pekerjaan tersebut dan mendapat ganti pekerjaan yang disukai. Ingatlah untuk memprioritaskan kesehatan. Kita bisa mendapat pekerjaan lain, tapi hanya punya hidup satu kali.

Terkadang, kita tak selalu harus pindah ke perusahaan lain. Minta dipindahkan ke posisi atau departemen lain seringkali berdampak besar pada kepuasan kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.