Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membersihkan Rumah Bakar Kalori Lebih Banyak dari Lari 5 Kilometer

Kompas.com - 12/09/2017, 15:13 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Walau bukan anggota klub kebugaran atau kelas yoga, sebenarnya kita tetap bisa membakar banyak kalori tanpa meninggalkan rumah. Caranya sesederhana membersihkan rumah.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Good Housekeeping Institute (GHI), membersihkan rumah selama dua jam akan membakar 600 kalori, hampir dua kali lipat dari lari 5 kilometer.

Membersihkan jendela merupakan jenis pekerjaan rumah yang paling banyak membakar kalori. Jika melakukannya selama 40 menit, kalori yang terbakar mencapai 194.

Di urutan kedua adalah mengepel lantai yang akan membakar 100 kalori selama 20 menit, kemudian diikuti dengan membersihkan kamar mandi dengan jumlah kalori terbakar hampir sama.

Peneliti dari GHI memberikan alat pelacak kebugaran FitBit Flex kepada partisipan untuk mengukur jumlah energi yang dikeluarkan saat mereka melakukan pekerjaan rutin di rumah.

Kemudian dihitung rata-rata kalori terbakar selama 20-40 menit sesi membereskan rumah. Hasil pengukuran ini membuktikan bahwa tak sempat berolahraga ke luar rumah bukan alasan untuk tak bergerak aktif.

Selain berat badan badan terjaga, kita pun jadi tak perlu mengeluarkan banyak uang, dan tentunya rumah jadi lebih rapi dan bersih.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com