Kompas.com - 12/09/2017, 15:13 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Walau bukan anggota klub kebugaran atau kelas yoga, sebenarnya kita tetap bisa membakar banyak kalori tanpa meninggalkan rumah. Caranya sesederhana membersihkan rumah.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Good Housekeeping Institute (GHI), membersihkan rumah selama dua jam akan membakar 600 kalori, hampir dua kali lipat dari lari 5 kilometer.

Membersihkan jendela merupakan jenis pekerjaan rumah yang paling banyak membakar kalori. Jika melakukannya selama 40 menit, kalori yang terbakar mencapai 194.

Di urutan kedua adalah mengepel lantai yang akan membakar 100 kalori selama 20 menit, kemudian diikuti dengan membersihkan kamar mandi dengan jumlah kalori terbakar hampir sama.

Peneliti dari GHI memberikan alat pelacak kebugaran FitBit Flex kepada partisipan untuk mengukur jumlah energi yang dikeluarkan saat mereka melakukan pekerjaan rutin di rumah.

Kemudian dihitung rata-rata kalori terbakar selama 20-40 menit sesi membereskan rumah. Hasil pengukuran ini membuktikan bahwa tak sempat berolahraga ke luar rumah bukan alasan untuk tak bergerak aktif.

Selain berat badan badan terjaga, kita pun jadi tak perlu mengeluarkan banyak uang, dan tentunya rumah jadi lebih rapi dan bersih.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.