Jangan Lewatkan 3 Perawatan Wajah Dasar Ini

Kompas.com - 12/09/2017, 19:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Memakai riasan wajah sudah menjadi kebutuhan banyak wanita untuk tampil segar dan cantik. Tapi, jangan malas untuk melenyapkan sisa-sisa make up pada wajah sebelum tidur.

Untuk memiliki kulit yang senantiasa terawat, bersih, dan mencegah penuaan dini, mulailah dengan membersihkannya secara tepat dan benar.

Menurut penjelasan dr.Sari Chairunnisa, Sp.KK, kulit cerah dan sehat merupakan hasil dari perawatan kulit yang tepat. Paling tidak, ada tiga langkah perawatan kulit yang tidak boleh kita lewatkan setiap hari.

1. Pembersihan
Seperti halnya memilih produk perawatan kulit lainnya, pembersih wajah juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. "Kulit kita sangat dinamis, jadi satu jenis produk itu terus belum tentu cocok," kata Sari dalam acara temu media yang diadakan oleh Wardah di Jakarta, Senin (11/9/2017).

Salah satu cara mudah mengetahui jenis kulit adalah melihat kondisi wajah di pagi hari, saat bangun tidur.

Sari mengatakan, saat ini ada banyak produk pembersih wajah, mulai dari yang sederhana seperti sabun wajah, susu pembersih, sampai yang lebih modern seperti micellar water. "Apa pun jenisnya, patokannya tetap tipe kulit kita apa," ujarnya.

Seiring dengan semakin banyaknya produk kosmetik yang kita gunakan, tentu proses pembersihan wajah juga harus berubah.

"Kalau dulu waktu SMA pakai susu pembersih saja cukup, sekarang setelah kita selalu pakai BB cream dan kosmetik lain, produk pembersihnya juga harus disesuaikan agar kondisi kulit tetap terjaga," katanya.

2. Perawatan
Pada tahapan kedua ini, tujuannya adalah melembabkan dan menutrisi kulit. "Kulit kita ibarat tembok rumah. Kelembaban wajah ibarat semen yang akan merekatkan nutrisinya," kata Sari.

Dengan demikian, kulit harus selalu dijaga kelembabannya agar nutrisi yang diberikan lewat berbagai produk krim atau serum bisa bekerja maksimal.

Proses penuaan kulit sebenarnya dimulai sejak usia 25 tahun. Di usia ini, justru seharusnya kita harus lebih intens merawat kulit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X