Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2017, 11:45 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa tahun lalu kebanyakan orangtua bertanya-tanya di usia berapa anak mereka diperbolehkan mengendarai motor atau mobil. Belakangan ini, orangtua harus menjawab pertanyaan, usia berapa anak boleh punya ponsel sendiri?

Tidak seperti kendaraan bermotor yang sudah jelas baru legal di usia 17 tahun, tak ada batasan usia minimal seorang anak layak memiliki ponsel.

Topik ini sering memicu perdebatan karena kini semakin sering kita melihat anak-anak di usia dini sudah menggenggam ponsel sendiri. Di Amerika Serikat, rata-rata anak punya ponsel pertamanya di usia 10 tahun. Demikian menurut lembaga riset Influence Central.

"Saya rasa trennya akan semakin muda, karena banyak orangtua yang lelah dengan rengekan anakknya minta ponsel," kata Stacy DeBroff, kepala Influence Central.

Kepala Common Sense Media, organisasi nonprofit yang menganalisa konten dan produk untuk keluarga, James P.Steyer, mengatakan ia memiliki batasan tegas soal kepemilikian ponsel untuk anak-anaknya.

"Saya baru memberikan ponsel saat mereka masuk SMA, setelah mereka belajar dan menghargai komunikasi tatap muka," katanya.

Walau begitu, menurut Steyer setiap orang mungkin bisa memutuskan di usia yang lebih muda. "Tidak ada anak yang sama, dan tak ada patokan usia. Yang terpenting adalah anak sudah cukup dewasa dan bertanggung jawab," katanya.

Pencipta Microsoft, Bill Gates, baru memberikan ponsel untuk ketiga anaknya saat mereka berusia 14 tahun.

"Saya tidak mengijinkan ada ponsel di meja saat makan, saya menunda memberi mereka ponsel sampai usia 14 tahun, dan anak-anak saya protes karena temannya sudah memiliki di usia lebih muda," kata Gates dalam sebuah wawancara dengan The Mirror.

Menurut Gates, banyak manfaat positif jika anak tidak memiliki ponsel di usia dini. "Dengan membuat batasan waktu menatap layar komputer atau ponsel, anak-anak jadi bisa tidur pada jam yang sesuai," katanya.

(Baca juga: Hysterical Parenting)

Para pakar psikologi anak rata-rata mengatakan bahwa usia 12 tahun adalah waktu yang ideal untuk memiliki ponsel pertama, tetapi sebagian memilih usia 14 tahun.

Ponsel atau gawai dianggap bisa menyebabkan kecanduan dan juga membuat anak sulit fokus pada pelajarannya. Belum lagi bahaya dari media sosial seperti bullying online, predator anak, atau sexting.

Risiko kecanduan ponsel memang nyata. Dalam polling yang dilakukan Common Sense Media teradap 1.240 orangtua dan anak ditemukan, 50 persen anak mengaku mereka kecanduan gawai.

Selain itu, 66 persen orangtua menganggap anak mereka berlebihan menggunakan gawai, dan 52 persen anak setuju dengan pendapat itu.

Dorongan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com