Kompas.com - 16/09/2017, 12:10 WIB
Ilustrasi nonton film horor CREATISTAIlustrasi nonton film horor
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Suka nonton film horor? Mereka yang menjawab ya, tentunya ingin mendapatkan sensasi berdebar-debar campur ngeri saat menyaksikannya. Jika film itu tidak membuat Anda takut, mungkin Anda justru kecewa. Dari sisi hiburan, film horor memang dimaksudkan untuk menghibur diri. Namun, jika dilihat dari sisi kesehatan, sebenarnya nonton film horor itu baik atau tidak?

Dikutip dari laman WebMD, Glenn Sparks, seorang profesor komunikasi dari Purdue University mempelajari dampak film horor pada fisiologi orang yang menontonnya. Hasilnya, saat Anda menonton film horor, denyut jantung akan meningkat sebanyak 15 kali per menit, telapak tangan berkeringat, suhu tubuh turun beberapa derajat, otot-otot menegang, dan  tekanan darah meningkat.

Semua ini mungkin akibat dari respon fight-or-flight, respon yang biasanya terjadi saat Anda stres. Aliran darah ke bagian tubuh lain selain jantung dan otot mungkin akan menurun, sehingga suhu tubuh Anda menurun dan Anda merasa merinding dan ketakutan.

Dari penjelasan tersebut dapat terlihat bahwa melihat sesuatu yang menyeramkan berdampak pada tubuh Anda. Pertanyaannya, baik atau buruk dampak tersebut pada kesehatan?

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk melihat dampak menonton film horor bagi kesehatan. Sebagian menunjukkan hasil yang baik untuk kesehatan, tapi sebagian lagi tidak. Bagaimana penjelasannya?

Manfaat nonton film horor bagi kesehatan

1. Membantu membakar kalori

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apakah Anda tahu bahwa menonton film horor dapat membantu Anda membakar kalori? Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan dan suka menonton film horor, mungkin ini merupakan kabar gembira.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster menunjukkan bahwa menonton film yang memicu adrenalin selama 90 menit dapat membakar kalori rata-rata 113 kalori, ini setara dengan kalori yang dibakar saat Anda berjalan selama 30 menit. Semakin menakutkan film yang Anda tonton, semakin banyak kalori Anda yang terbakar selama menonton film tersebut.

Ilustrasi film seramcosmin4000 Ilustrasi film seram
Penelitian lain yang memantau denyut jantung, pasokan oksigen, dan keluaran karbon dioksida pada penonton film yang terlibat dalam penelitian juga menunjukkan bahwa denyut jantung penonton terpantau meningkat saat menonton film menakutkan, dan hal ini menyebabkan hormon adrenalin juga meningkat.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.