Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2017, 09:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Berkeringat bukan sesuatu yang menyenangkan, apalagi kalau sampai menyebabkan tubuh berbau. Karena alasan itu, akhirnya kita memilih menggunakan deodoran agar bau tak sedap tidak menyeruak atau keringat membasahi beberapa bagian ketiak.

Di Inggris, 63 persen wanita mengaku keringat adalah masalah tubuh yang paling menjengkelkan, menurut Perspirex. Tapi, sebagian besar dari kita ternyata salah dalam menggunakan deodoran, seperti yang diungkapkan seorang dokter kepada Cosmopolitan.

Deodoran juga berbeda dengan antiperspirant. "Produk antiperspirant ditujukan untuk mencegah keringat, sementara deodoran untuk menyamarkan bau," katanya.

Pada dasarnya keringat tidak berbau, bau tidak sedap baru muncul ketika bakteri di kulit memecah keringat.

Menurut Dr Dawn Harper, terdapat empat kesalahan umum yang dilakukan sebagian besar orang saat menggunakan deodoran.

1. Pakai deodoran dalam keadaan basah setelah mandi

"Agar mendapatkan hasil terbaik, gunakan deodoran pada kulit yang benar-benar kering," saran Harper. Fakta ini bukan hal baru karena menggunakan sesuatu pada kulit basah akan mengurangi penyerapan, jadi gunakan deodoran saat kulit kering sehingga penyerapan bagus dan hasilnya maksimal.

2. Digunakan saat pagi 

Tentu kita ingin tetap bebas keringat dalam satu hari penuh -- karena berkeringat di siang hari membuat penampilan tak menarik, jadi normal kalau sebagian besar dari kita menggunakan deodoran di pagi hari.

Namun, Harper menyarankan untuk mengganti rutinitas pagi itu dengan menggunakan deodoran di sore hari, sebab membiarkannya semalaman bisa membuat tahan lama. Dia menyarankan bila mengikuti cara ini maka saat pagi hari Anda hanya perlu mencuci ketiak dengan air dan sabun.

3. Langsung berpakaian setelah pakai deodoran

Agar deodoran bekerja dengan maksimal, sebaiknya kita memang menunggu sampai benar-benar kering sebelum berpakaian. Itu sebabnya tak ada salahnya jika Anda menggunakan pengering rambut untuk mempercepat deodoran kering, saat sedang terburu-buru.

4. Terlalu banyak

Nampaknya, kita tak harus menggunakan deodoran setiap hari. "Usap masing-masing dua kali ke atas dan bawah setiap ketiak. Anda seharusnya hanya perlu melakukan ini satu atau dua kali dalam seminggu," saran Harper.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com