Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2017, 13:07 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Banyak pria yang melakukan berbagai cara agar rambutnya tidak rontok seiring dengan pertambahan usia. Namun, sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa pria botak sebenarnya terlihat lebih seksi bagi sebagian wanita.

Penelitian tersebut menemukan, bahwa pria tanpa rambut memiliki daya tarik yang lebih besar. Selain itu, pria botak juga tampak lebih percaya diri dan lebih dominan terhadap lawan jenis.

Baca juga:Pria Botak Lebih Jantan?

Dalam studi yang dilakukan oleh University of Pennsylvania, para peneliti meminta mahasiswa untuk menilai foto-foto pria. Mereka harus menilai setiap gambar berdasarkan tiga kategori, yakni daya tarik, kepercayaan diri, dan dominasi. Hasilnya, pria dengan kepala botak lah yang mendapatkan nilai tertinggi di tiga kategori tersebut.

Para partisipan juga secara konsisten menilai pria yang botak secara alami dan mereka yang dibuat botak dengan aplikasi komputer sebagai seseorang yang lebih kuat, dibanding mereka yang bermabut tebal atau tipis. Anehnya, pria botak juga dipersepsikan lebih tinggi, padahal tanpa rambut di kepalanya.

"Mereka (dalam persepsi penilai) lebih tinggi hampir satu inci dan terlihat 13 persen lebih kuat saat digambarkan tanpa rambut," demikian bunyi penelitian itu.

Baca juga:Potongan yang Pas untuk Rambut Nyaris Botak

Jason Stathamdaily mail Jason Statham
Tren kepala botak pun saat ini bermunculan dalam film-film Hollywood. Merekabotak yang  yang mempopulerkan antara lain Vin Diesel, Bruce Willis, Jason Statham, dan The Rock.

Penelitian ini menyimpulkan: "Daripada menghabiskan uang banyak untuk mencegah kebotakan, seorang pria bisa memilih untuk menghabiskan rambut di kepalanya. Dan mereka akan tetap tampak menarik."

Meski demikianm perlu dicatatat bahwa tidak semua hal tentang botak terlihat baik. Dalam penelitian yang sama, terungkap bahwa pria botak akan tampak lebih tua 4 tahun dari umur sebenarnya.

Tapi siapa takut soal itu, Jason Statham yang botak pun ternyata tetap menarik hari model Victoria Secret, Rosie Huntington-Whiteley. Jadi Anda yang botak pun tetap bisa membuat perempuan jatuh cinta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com