Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2017, 19:52 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bingung mau pangkas dengan gaya seperti apa, atau bosan karena gaya rambut kini terlihat biasa? Anda bisa menjajal gaya rambut messy hair, dengan potongan simpel tapi tetap keren dengan sedikit berantakan.

Ada dua tipe messy hair antara lain french crop dan quiff. "Kalau french crop cocok buat rambut bergelombang dan ikal," kata Senior Hairstylist Barberbox Bonnie Bons kepada Kompas Lifestyle saat peluncuran Clayton dari Smith di Wake Cup Coffeeshop, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Rambut dengan tipe tersebut cocok bagi pemilik rambut ikal lantaran terlihat padat dan tidak lemas, sehingga potongan pendek a la french crop terasa pas. Adapun bagian atas gaya rambut ini tingginya sekitar empat centimeter.

Selain itu, french crop cocok di semua bentuk kepala, kecuali bulat. Sebab potongan bagian samping harus tipis. "Sementara kalau bentuk kepala bulat dia akan terlihat tembem, jadi enggak cocok," katanya.

Sedangkan pada bagian belakang bermodel short to high, di mana pada bagian bawahnya pendek dan tinggi saat mendekati kepala bagian atas. Untuk bagian depan juga pendek dan memiliki poni yang rata.

Nah, untuk model quiff cocok bagi semua tipe rambut dan bentuk kepala. "Karena enggak mesti tipis sampingnya, yang penting atasnya messy (berantakan)," ujarnya.

Menurut Bonnie, gaya 'berantakan' seperti ini disukai karena mengusung konsep sederhana, tidak memakan waktu lama saat ditata, terlihat natural serta cocok dengan segala anatomi kepala.

"Gaya rambut dengan tampilan natural ini menambah kesan santai dan sederhana namun elegan," tambahnya.

Untuk menambah keren, messy hair harus menggunakan produk penataan rambut berjenis clay, yang tidak berminyak dan terlalu kaku. Dengan begitu mudah ditata dengan model natural.

"Clay memiliki sifat sama sekali tidak berminyak, tidak menggumpalkan rambut, menambah volum rambut, mudah diatur menggunakan tangan, kuat dan tahan lama untuk menahan rambut setelah di-styling. Untuk itu kami meluncurkan varian premium berbahan dasar clay dengan nama Smith Premium Clayton”, ungkap Michael Nugroho, CEO Smith Men Supply.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com