Kompas.com - 22/09/2017, 06:35 WIB
Makanan sehat shironosovMakanan sehat
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Untuk menurunkan berat badan, banyak orang mengurangi porsi makan atau membatasi waktu makan, misalnya dengan tidak sarapan atau melewatkan makan malam. Padahal, ada tipe orang yang memang doyan makan. Untuk orang-orang seperti ini, membatasi makanan adalah hal yang menyiksa dan menjadi sulit untuk dilakukan.

Bila Anda termasuk jenis itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar berat badan turun, namun Anda tidak merasa tersiksa karena kelaparan.

1. Makan pakai piring kecil

Makan dengan piring kecil bisa membuat Anda tetap bisa makan makanan yang Anda suka, tapi dengan porsi yang lebih sedikit. Para peneliti di University of Groningen menemukan bahwa piring yang 70% terlihat penuh, membuat orang merasa cukup makan.

Jadi, menggunakan piring kecil bisa membuat seakan-akan piring Anda telah penuh. Padahal jika diletakkan ke piring normal, porsinya lebih sedikit. Ini juga sekaligus bisa memangkas asupan kalori berlebih.

2. Pilih karbohidrat yang mengandung banyak serat

Sembari memenuhi hasrat diri yang selalu ingin makan, ada baiknya mengganti karbohidrat Anda dengan jenis yang lebih berserat seperti beras merah atau gandum utuh (whole wheat). Ganti nasi putih atau roti tawar Anda dengan karbohidrat itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi beras merahshutterstock Ilustrasi beras merah
Makanan yang berbahan dari gandum dan biji-bijian tersebut memiliki kandungan serat yang membuat tubuh Anda kenyang lebih lama, sehingga bisa menjadi cara ampuh untuk menurunkan berat badan. 

Baca juga: Melirik Sumber Karbohidrat Selain Nasi

3. Ganti makanan manis dengan yang lebih sehat

Mengurangi gula adalah salah satu aturan yang wajib diterapkan sebagai cara menurunkan berat badan. Bagi Anda yang suka dan hobi makan, hal ini mungkin dirasa dan sulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.