Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2017, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Penyakit katarak yang dialami oleh Rayyan Gibran Ridha Radardja (5 bulan), putra kedua presentar Asri Welas, membuka mata awam akan penyakit mata yang bisa diderita bayi.

Salah satu pelajaran yang bisa diambil dari kejadian tersebut adalah pentingnya melakukan pemeriksaan fungsi penglihatan bayi sedini mungkin.

Menurut dr.Yunia Irawati, Sp.M (K), 70 persen penglihatan seorang anak akan dibangun pada dua tahun pertama usianya. "Karena itu penting banget memeriksa dan melakukan tindakan agar tidak sampai terlambat kelainannya jadi permanen," ujarnya.

Yunia menjelaskan, kita bisa melihat karena otak kita merekam apa yang dilihat. Hal itu terjadi sejak bayi dilahirkan dan secara bertahap ketajaman penglihatan akan bertambah seiring usia.

"Kalau yang direkam tidak ada, maka mata tidak melihat. Dalam sebuah pengujian, kedua mata normal, tapi satu mata ditutup terus. Nantinya setelah tutupnya dibuka mata itu akan buta atau terbatas jarak pandangnya," papar dokter dari RS Jakarta Eye Center ini.

Sebagai orangtua kita memang perlu berhati-hati dan lebih waspada terhadap kelainan mata yang mungkin diderita. "Biasanya anak tidak mengeluh apa-apa, baru tahu setelah anak sekolah ada kelainan. Terkadang sudah terlambat," ujarnya.

Ia menambahkan, bayi baru benar-benar bisa melihat dengan baik di usia sekitar tiga bulan. Walau begitu, orangtua bisa menguji fungsi penglihatan bayi untuk melihat responnya.

"Coba uji dengan mainan yang tidak berbunyi, apakah pandangan matanya bisa merespon," imbuhnya.

Orangtua sebaiknya waspada jika bayi tidak pernah melihat wajah ibu saat disusui atau diajak bicara, ada bintik putih di bola mata, atau pun mata bayi tidak mengarah pada mainan yang digerakkan.

Selain itu, bayi yang lahir prematur juga perlu mendapat pemeriksaan mata secara teratur. "Bayi prematur biasanya retina matanya belum sempurna," kata Yuniar.

Kelainan mata pada bayi prematur pada umumnya memang belum terlihat pada usia satu atau dua minggu setelah kelahiran. Karena itu setelah usia beberapa bulan diperlukan pemeriksaan tambahan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com