Kompas.com - 23/09/2017, 21:16 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bintitan pada dasarnya adalah infeksi akibat penyumbatan pada salah satu kelenjar kecil yang memproduksi air mata. Walau tidak menyebabkan sakit, tapi bintitan sangat mengganggu penampilan.

Penyebab utama bintitan, menurut dr.Yunia Irawati, spesialis mata, adalah karena kita kurang menjaga kebersihan tangan.

"Di lapisan kelopak mata kita ada kelenjar-kelenjar yang memproduksi air mata dan ada muaranya berbentuk lubang kecil-kecil. Kadang kala lubang itu tersumbat, entah karena debu atau kebiasaan menggosok mata. Jadi penyebabkan karena kurang higenis, bukan karena mengintip," papar dokter mata dari RS Jakarta Eye Center ini.

Tersumbatnya lubang kelenjar air mata itu akan menyebabkan peradangan akibat bakteri yang terperangkap di dalamnya. "Pengobatannya harus diberikan antiradang, mulai dari yang topikal (dioles) sampai yang sistemik," ujarnya.

Menurut Yunia, sekitar 80 persen kasus bintitan tidak memerlukan tindakan apa-apa. "Cukup dikompres saja dengan air hangat, tekan perlahan-lahan untuk membuka sumbatan," katanya.

Pengompresan mata itu juga perlu dilakukan jika memerlukan pengobatan. "Jadi obatnya bisa menyerap masuk," paparnya.

Meski demikian, sekitar 20 persen kasus bintitan memerlukan tindakan dokter, terutama karena sudah mengeras dan terjadi peradangan kronis. "Diperlukan insisi atau pisau untuk membukanya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yunia menjelaskan, bintitan bisa terjadi berulang. Itu sebabnya orang yang sering mengalami bintitan harus menjaga higienitas tangan dan matanya untuk mencegah infeksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.