Keliru Membersihkan Muka Membuat Wajah Lebih Tua

Kompas.com - 25/09/2017, 17:43 WIB
Ilustrasi mencuci muka GeorgeRudyIlustrasi mencuci muka
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Mencuci muka, jika dilakukan dengan benar, adalah cara termudah dalam rutinitas perawatan kulit. Tapi, tahukah Anda beberapa hal yang kita lakukan saat mencuci muka ternyata keliru dan malah membuat wajah cepat tua?

Berikut kesalahan mencuci wajah yang malah membuat penuaan dini.

1. Buang-buang uang membeli pembersih mahal

Jika pembersih wajah Anda harganya mahal, mungkin sebenarnya Anda sedang menggelontorkan uang di saluran pembuangan, kata Deb Jaliman, M.D, seorang dermatolog New York.

Kita tidak perlu sabun muka yang mahal karena pembersih itu hanya berada sementara waktu di kulit, dan bukan berfungsi sebagai obat. Alih-alih memilih pembersih muka yang mahal, para ahli menyarankan memakai uangnya untuk membeli produk perawatan kulit yang bisa membuat perbedaan di kulit, seperti pelembab, tabir surya, dan serum.

2. Hanya mencuci muka satu kali kali sehari

Walau Anda sudah membersihkan muka sebelum tidur, namun hanya membasuh dengan air pada pagi hari tidaklah cukup, kata Jaliman. "Pada malam hari, saat tidur, bakteri terbentuk di kulit, disertai dengan produksi  minyak yang berlebih, (dan) perlu dihilangkan," katanya.

Jika pagi dan sore hari Anda tak sempat membersihkan muka, sediakanlah waktu di malam hari, tepat sebelum tidur. Sebab kulit perlu dibersihkan sebelum tidur untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan polusi yang tertumpuk pada siang hari. Polusi, khususnya, merupakan faktor utama yang membuat kulit stres.

Penelitian menunjukkan bahwa polutan mengandung sejumlah senyawa buruk--termasuk komponen partikulat, asap rokok, dan ozon--yang menyebabkan hilangnya kolagen dan masalah pigmentasi.

3. Salah menggunakan pembersih

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber menshealth
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X