Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perut Kembung Setiap Pagi? Ini Penyebab dan Cara Menghentikannya

Kompas.com - 26/09/2017, 05:32 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Perut kembung setiap pagi tentu bikin Anda tidak nyaman. Kembung sendiri sebenarnya adalah salah satu masalah pada pencernaan yang bisa terjadi pada siapa saja.

Saat Anda makan, minum, atau menelan air liur, kita juga menelan sedikit udara, yang kemudian terakumulasi di usus. Saat gas menumpuk, tubuh mungkin perlu mengeluarkannya, entah dari mulut, dengan bersendawa atau buang angin.

Penyebab perut kembung sangat beragam, bisa karena makanan yang dimakan, pola makan yang tidak teratur, atau bisa juga menjadi gejala penyakit tertentu. Namun, perut kembung setiap pagi tentu punya penyebabnya sendiri. Apa  sajakah itu?

1. Makan malam terlalu banyak

Makan terlalu banyak di malam hari dapat membuat perut kembung setiap pagi. Pasalnya, saat Anda makan malam terlalu banyak, pencernaan Anda jadi kesulitan untuk mencerna makanan dalam jumlah besar. Apalagi setelah itu Anda langsung tidur. Akibatnya, keesokan harinya Anda mungkin merasa begah dan kembung karena makanan yang belum dicerna dengan baik.

2. Makan di larut malam

Tubuh manusia memiliki jam biologisnya sendiri, yaitu saat-saat di mana setiap organ tubuh Anda menjalankan fungsinya sesuai jadwal yang sama setiap hari. Nah, sistem pencernaan manusia tidak bekerja terlalu banyak ketika Anda terlelap di malam hari. Jadi kalau Anda makan terlalu larut, makanan tersebut tidak bisa dicerna dengan baik.

Makanan Anda akan bercampur dengan gas yang bikin perut terasa kembung. Sementara itu, sistem pencernaan Anda sudah beristirahat di malam hari, tidak bisa mengeluarkan gas berlebih yang membuat perut terasa penuh. Karena itulah ketika terbangun keesokan harinya, Anda merasa kembung.

3. Cemas dan stres

Ketika Anda merasa sangat cemas dan stres karena berbagai sebab, maka Anda bisa merasa perut kembung. Gangguan kecemasan ini akan menyebabkan ketidakstabilan hormon dalam tubuh yang memicu reaksi antara otak dan perut. Terkadang penyebab stres bisa juga disertai dengan diare yang muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas.

Karena itu, bisa jadi stres atau kecemasan membuat perut kembung setiap pagi. Misalnya ketika bangun pagi, Anda sebenarnya dihantui kecemasan soal pekerjaan di kantor atau ketika menghadapi ujian di sekolah pada hari tersebut. Tanpa disadari, kecemasan tersebut membuat Anda kembung.

Bagaimana cara mencegah perut kembung setiap pagi?

Perut kembung bisa dihindari dengan tidak mengonsumsi makanan yang cenderung menyebabkan perut kembung, seperti yang mengandung kadar karbohidrat yang sulit dicerna.

Ilustrasi makan terlalu larutArtfoliophoto Ilustrasi makan terlalu larut
Diskusikan dengan dokter makanan yang baik untuk Anda konsumsi jika mengalami perut kembung. Penting untuk mengonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dalam kalori, vitamin, mineral, dll.

Disarankan untuk makan makanan yang mengandung karbohidrat yang lebih mudah dicerna seperti, pisang, anggur, nasi, selada, yogurt. Hati-hati pada penderita intoleransi laktosa ketika makan makanan yang mengandung laktosa, seperti susu karena dapat menyebabkan kembung.

Selain itu, pastikan Anda tidak makan terlalu larut di malam hari. Pastikan Anda sudah makan kira-kira tiga jam sebelum tidur. Anda juga sebaiknya tidak makan malam dengan porsi yang berlebihan supaya tidak kembung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com