Kompas.com - 26/09/2017, 05:32 WIB
Ilustrasi perut kembung PIKSELIlustrasi perut kembung
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Perut kembung setiap pagi tentu bikin Anda tidak nyaman. Kembung sendiri sebenarnya adalah salah satu masalah pada pencernaan yang bisa terjadi pada siapa saja.

Saat Anda makan, minum, atau menelan air liur, kita juga menelan sedikit udara, yang kemudian terakumulasi di usus. Saat gas menumpuk, tubuh mungkin perlu mengeluarkannya, entah dari mulut, dengan bersendawa atau buang angin.

Penyebab perut kembung sangat beragam, bisa karena makanan yang dimakan, pola makan yang tidak teratur, atau bisa juga menjadi gejala penyakit tertentu. Namun, perut kembung setiap pagi tentu punya penyebabnya sendiri. Apa  sajakah itu?

1. Makan malam terlalu banyak

Makan terlalu banyak di malam hari dapat membuat perut kembung setiap pagi. Pasalnya, saat Anda makan malam terlalu banyak, pencernaan Anda jadi kesulitan untuk mencerna makanan dalam jumlah besar. Apalagi setelah itu Anda langsung tidur. Akibatnya, keesokan harinya Anda mungkin merasa begah dan kembung karena makanan yang belum dicerna dengan baik.

2. Makan di larut malam

Tubuh manusia memiliki jam biologisnya sendiri, yaitu saat-saat di mana setiap organ tubuh Anda menjalankan fungsinya sesuai jadwal yang sama setiap hari. Nah, sistem pencernaan manusia tidak bekerja terlalu banyak ketika Anda terlelap di malam hari. Jadi kalau Anda makan terlalu larut, makanan tersebut tidak bisa dicerna dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Makanan Anda akan bercampur dengan gas yang bikin perut terasa kembung. Sementara itu, sistem pencernaan Anda sudah beristirahat di malam hari, tidak bisa mengeluarkan gas berlebih yang membuat perut terasa penuh. Karena itulah ketika terbangun keesokan harinya, Anda merasa kembung.

3. Cemas dan stres

Ketika Anda merasa sangat cemas dan stres karena berbagai sebab, maka Anda bisa merasa perut kembung. Gangguan kecemasan ini akan menyebabkan ketidakstabilan hormon dalam tubuh yang memicu reaksi antara otak dan perut. Terkadang penyebab stres bisa juga disertai dengan diare yang muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.