Kompas.com - 26/09/2017, 07:00 WIB
Ilustrasi kondom rclassenlayoutsIlustrasi kondom
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ada berbagai jenis kontrasepsi, tetapi metode yang mampu memberikan manfaat lain di luar kontrasepsi barangkali hanyalah kondom.

Menurut dr.Med.Firman Santoso, Sp.OG, kondom bukan hanya menjadi alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan tidak direncanakan, tetapi juga untuk mencegah infeksi menular seksual.

"Kondom membantu kita menikmati seks dengan aman," katanya dalam acara media gathering dalam rangka Hari Kontrasepsi yang diadakan oleh DKT Indonesia di Jakarta (25/9/2017).

Penggunaan kondom akan mencegah infeksi menular seksual seperti herpes genital, HIV/AIDS, dan juga infeksi HPV penyebab kanker serviks.

Manfaat lain dari kondom adalah tidak memiliki efek hormonal bagi tubuh, bisa menunda ejakulasi, serta tidak ada efek penundaan kesuburan. "Beda dengan pil KB atau suntik yang butuh waktu beberapa bulan sampai efek hormonnya benar-benar hilang supaya bisa hamil lagi," papar Firman.

Penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi di Indonesia berkisar 3,15 persen dari peserta KB aktif, berdasarkan data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2016.

Deputi General Manager DKT Indonesia, Pierre Frederick, mengungkapkan kondom masih dianggap sebagai sebuah hal tabu di masyarakat. "Stigma terhadap kondom ini membuat program kondom sebagai alat kontrasepsi masih terkendala," katanya dalam acara yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, masih ada keengganan para pria untuk menggunakan kondom karena mindset yang keliru. Misalnya saja menganggap kondom akan mengurangi kenikmatan hubungan seks.

"Ketebalan kondom sebenarnya hanya sekitar 0.05-0.02 milimeter, sehingga tidak akan memengaruhi kualitas bercinta. Selain itu pori-pori kondom sangat kecil, yaitu 5 mikron atau 10 kali lebih kecil dari sperma," kata Firman.

Ia menambahkan, penggunaan kondom juga membiasakan pria untuk lebih bertanggung jawab dan tidak egois. "Selama ini kesadaran penggunaan kontrasepsi titik beratnya ada pada kum wanita," katanya.

DKT Indonesia melalui Kondom Sutera aktif meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi. Kondom Sutera telah melakukan kampanye #UbahHidupLo dengan menyasar pekerja di kapal (ABK), pekerja pelabuhan, serta masyarakat dan pemangku kepentingan di berbagai pelabuhan di seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.