5 Cara Agar Bangun Tidur dengan Kondisi Segar

Kompas.com - 26/09/2017, 09:48 WIB
Ilustrasi malas bangun tidur amenic181Ilustrasi malas bangun tidur
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com -  Apakah Anda termasuk orang dengan tipikal sulit bangun pagi? Sekalipun sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melepaskan diri dari bantal dan selimut, namun tubuh rasanya masih ingin menempel di tempat tidur.

Tenang saja, Anda tidak sendiri. Bangun pagi hari memang terasa sangat sulit bagi orang-orang seperti itu. Perlu perjuangan dan niat yang besar untuk beranjak dari dunia mimpi. Namun ada hal yang bisa dilakukan agar kita bisa bangun tidur dalam kondisi segar tanpa rasa malas.

Menurut peneliti kebiasaan tidur. Dr Nerina ada lima hal yang bisa dikerjakan. "Selama 20 tahun pengalaman saya menangani orang-orang yang sulit tidur, saya menemukan beberapa hal kecil yang dapat membuat perbedaan besar terkait bagaimana Anda tidur. Saya menyebutnya sebagai lima hal yang tidak bisa dinegosiasi."

Baca juga: Agar Tidur Nyenyak, 5 Elemen Kunci Wajib Ada di Kamar

1. Sarapan pagi

Anda mungkin sudah terbiasa sarapan, namun salah satu hal yang penting soal ini adalah waktunya. "Sarapan sebaiknya dilakukan dalam kurun waktu 30 menit setelah bangun," kata Dr Nerina. "Bukan saat berangkat kerja atau terjebak dalam kemacetan. Sarapan 30 menit setelah bangun itu menstabilkan kadar gula darah."

Selain itu, sarapan di pagi hari juga memberi sinyal pada tubuh bahwa seseorang tidak dalam kondisi kelaparan, sehingga pada malam berikutnya Anda akan memproduksi melatonin, hormon tidur.

Nerina menambahkan kalau melatonin hanya diproduksi saat kita merasa aman, sehingga ketika seseorang segera sarapan setelah bangun, maka ia akan mengirimkan pesan ke tubuh bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Baca: Sarapan di Jam Ini Jauhkan Anda dari Stres

2. Tunda kopi

Jangan panik, Anda masih boleh kok minum kopi. Hanya saja pastikan untuk tidak mengonsumsi kafein sebelum makan."Idealnya tidak boleh ada kafein sebelum makan. Banyak orang yang tidak sarapan dan hanya minum secangkir teh atau kopi pada pagi hari. Jadi mereka secara artifisial menaruh stimulan ke tubuh yang akan menghentikan produksi melatonin."

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Sun
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X