Kompas.com - 29/09/2017, 09:13 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Umumnya pria tidak terlalu suka membicarakan tentang masalah mental, seperti stres, kecemasan, atau jenis kelelahan pikiran. Namun, kebanyakan pria, mungkin termasuk Anda, biasanya suka membicarakan seberapa besar intensitas latihan, seberapa baik biseps terbentuk, atau berapa banyak squat yang berhasil dilakukan di gym.

Dan kabar baiknya, menghabiskan waktu di gym dapat benar-benar membantu Anda membangun tubuh yang lebih baik sekaligus memperbaiki kesehatan mental.

Latihan resistensi dapat mengurangi gejala kecemasan pada orang dewasa sehat dan orang dewasa yang memiliki masalah jiwa seperti gangguan cemas hingga stres, menurut studi bertema The Effects of Resistance Exercise Training on Anxiety yang dilakukan oleh peneliti dari University of Limerick di Irlandia.

Peneliti meninjau beberapa riset yang dipublikasikan di jurnal Sports Medicine dan menemukan adanya manfaat signifikan dari latihan resistensi terhadap kesehatan mental.

Ketika peneliti menganalisis 16 penelitian yang mencakup lebih dari 900 orang, mereka menemukan bahwa latihan resistensi berupa angkat beban (weight lifting) dikaitkan dengan penurunan gejala kecemasan yang sebanding dengan pengobatan atau psikoterapi.

Efeknya paling terasa pada orang sehat dan tidak masalah dengan perbedaan jenis kelamin atau jenis latihan resistensi apa yang dilakukan, kata periset. Semua latihan resistensi memiliki hasil yang relatif sama.

Jadi, jika di akhir pekan ini Anda merasa murung, atau hanya ingin menghabiskan waktu di gym, mulailah dengan mengangkat beban untuk memperbaiki mood dan kesehatan mental Anda setelah seminggu penuh bekerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.