Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Ingin Vaksin Flu, Lakukan Saat Anda Sedang Bahagia

Kompas.com - 29/09/2017, 09:42 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Selain menjaga kebersihan dan asupan nutrisi, vaksin flu bisa menjadi cara lain untuk tingkatkan daya tahan tubuh dari infeksi flu. Hanya saja, efektivitas vaksin flu bisa berbeda antara individu, dan suasana hati bisa menjadi salah satu alasannya.

Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Brain, Behavior, and Immunity menunjukkan bahwa vaksin flu bisa lebih efektif jika Anda dalam suasana hati yang baik. Periset menemukan bahwa mood positif, seperti rasa bahagia, dikaitkan dengan tingkat antibodi influenza yang lebih tinggi dalam sistem seseorang.

Dengan kata lain, bila imunisasi flu dilakukan saat Anda sedang merasa bahagia, maka imunisasi tersebut akan memberikan lebih banyak perlindungan penyakit, setidaknya 4 hingga 16 minggu setelah mendapatkan vaksin.

Selama penelitian, periset mengukur mood positif dan negatif, diet, olahraga dan kebiasaan tidur dari 138 orang dewasa berusia 50 tahun dan lebih, sebanyak tiga kali seminggu, selama periode enam minggu.

Dari semua metrik yang dilihat periset, mood positif adalah prediktor terbesar tentang seberapa baik vaksinasi flu berhasil. Perasaan senang, gembira, atau bahagia pada hari vaksinasi dikaitkan dengan tingkat antibodi yang lebih tinggi seiring berjalannya waktu.

"Kami telah meneliti selama bertahun-tahun bahwa sejumlah faktor psikologis dan perilaku seperti stres, jumlah aktivitas fisik, dan pilihan diet dapat mempengaruhi seberapa baik sistem kekebalan tubuh bekerja, dan faktor-faktor ini juga telah terbukti mempengaruhi seberapa baik vaksin melindungi Anda terhadap penyakit," kata penulis studi Kavita Vedhara, seorang profesor dari University of Nottingham, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kekurangan dari penelitian adalah ukuran sampel yang kecil dan hanya mengukur efeknya pada orang dewasa yang lebih tua. Sehingga belum diketahui apakah hasil yang sama akan terjadi pada orang muda.

Selain itu, di tahun sebelumnya peserta juga mendapatkan vaksin flu dan mungkin saja sistem kekebalan terhadap flu menjadi lebih baik. Walau begitu, hasil penelitian ini bisa menjadi pertimbangan dalam memilih momen yang tepat untuk mendapatkan vaksin flu tahunan, setidaknya suasana hati yang baik telah terbukti berkaitan dengan imunitas yang baik pula, papar peneliti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com