Kompas.com - 29/09/2017, 09:42 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Selain menjaga kebersihan dan asupan nutrisi, vaksin flu bisa menjadi cara lain untuk tingkatkan daya tahan tubuh dari infeksi flu. Hanya saja, efektivitas vaksin flu bisa berbeda antara individu, dan suasana hati bisa menjadi salah satu alasannya.

Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Brain, Behavior, and Immunity menunjukkan bahwa vaksin flu bisa lebih efektif jika Anda dalam suasana hati yang baik. Periset menemukan bahwa mood positif, seperti rasa bahagia, dikaitkan dengan tingkat antibodi influenza yang lebih tinggi dalam sistem seseorang.

Dengan kata lain, bila imunisasi flu dilakukan saat Anda sedang merasa bahagia, maka imunisasi tersebut akan memberikan lebih banyak perlindungan penyakit, setidaknya 4 hingga 16 minggu setelah mendapatkan vaksin.

Selama penelitian, periset mengukur mood positif dan negatif, diet, olahraga dan kebiasaan tidur dari 138 orang dewasa berusia 50 tahun dan lebih, sebanyak tiga kali seminggu, selama periode enam minggu.

Dari semua metrik yang dilihat periset, mood positif adalah prediktor terbesar tentang seberapa baik vaksinasi flu berhasil. Perasaan senang, gembira, atau bahagia pada hari vaksinasi dikaitkan dengan tingkat antibodi yang lebih tinggi seiring berjalannya waktu.

"Kami telah meneliti selama bertahun-tahun bahwa sejumlah faktor psikologis dan perilaku seperti stres, jumlah aktivitas fisik, dan pilihan diet dapat mempengaruhi seberapa baik sistem kekebalan tubuh bekerja, dan faktor-faktor ini juga telah terbukti mempengaruhi seberapa baik vaksin melindungi Anda terhadap penyakit," kata penulis studi Kavita Vedhara, seorang profesor dari University of Nottingham, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kekurangan dari penelitian adalah ukuran sampel yang kecil dan hanya mengukur efeknya pada orang dewasa yang lebih tua. Sehingga belum diketahui apakah hasil yang sama akan terjadi pada orang muda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, di tahun sebelumnya peserta juga mendapatkan vaksin flu dan mungkin saja sistem kekebalan terhadap flu menjadi lebih baik. Walau begitu, hasil penelitian ini bisa menjadi pertimbangan dalam memilih momen yang tepat untuk mendapatkan vaksin flu tahunan, setidaknya suasana hati yang baik telah terbukti berkaitan dengan imunitas yang baik pula, papar peneliti.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.