Kompas.com - 29/09/2017, 10:48 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Tak hanya susu dan keju, beberapa buah dan sayur didapati memiliki kalsium yang tak kalah baiknya. Dan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports ini akan menambah daftar buah yang dapat Anda konsumsi untuk memperkuat tulang, terlebih bagi Anda yang kerap terpapar radiasi tinggi.

Periset dari Texas A & M University melakukan percobaan pada tikus dan memberikan empat jenis perawatan, yaitu campuran antioksidan, asam dihidrolipoat (asam yang memiliki sifat antioksidan), ibuprofen, atau bubuk yang terbuat dari plum. Kemudian, mereka mengekspos tikus tersebut ke radiasi pengion dan membandingkan hasilnya.

Dari berbagai jenis perawatan, asupan plum kering didapati paling efektif untuk mencegah kerusakan tulang akibat radiasi pada tikus. Bahkan tikus yang tidak terkena radiasi namun telah mengonsumsi plum menunjukkan tulang yang lebih kuat sebesar 20 persen, kata periset.

Meskipun belum diketahui pasti kaitan yang sesungguhnya, para periset berspekulasi bahwa kondisi ini dipengaruhi oleh campuran polifenol buah, yang memiliki tingkat antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi.

Temuan ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang selalu terpapar radiasi, seperti pengobatan radioterapi atau astronot. Namun, tidak ada ruginya untuk menambahkan plum kering dalam makanan sehari-hari, kata Nancy Turner, peneliti utama studi.

Sebelumnya, plum lebih populer sebagai obat pencahar alami. Namun kini, plum juga didapati memiliki kekuatan super lainnya. "Banyak orang memiliki konotasi negatif akan plum karena kinerja pencahar," kata Turner. "Sebab belum banyak yang menyadari bahwa plum bukan hanya buah yang segar, namun juga memiliki banyak manfaat kesehatan."

Untuk kesehatan tulang yang lebih baik, Turner merekomendasikan untuk mengonsumsi kira-kira 2-4 buah plum kering yang dimakan secara bertahap sepanjang hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.