Kompas.com - 29/09/2017, 13:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Berbeda pendapat adalah hal yang wajar dalam rumah tangga. Ada saja topik yang bisa memicu pertengkaran, tapi sumber perselisihan terbesar dalam pernikahan adalah uang.

Dalam survei bertajuk Money Habit and Confession Survey yang melibatkan 1000 orang terungkap bahwa keuangan adalah sumber utama "perang dingin" antara suami istri.

Satu dari empat partisipan survei mengatakan mereka pernah berpisah dengan pasangannya gara-gara masalah uang. Selain itu, 58 persen mengklaim mereka lebih suka melajang dari pada punya pasangan yang tidak bertanggung jawab secara finansial.

Pertengkaran gara-gara uang sejak lama memang menduduki peringkat teratas sebagai pemicu keretakan hubungan. Salah satu alasannya karena masalah ini tidak pernah tuntas dibicarakan dengan pasangan.

Dalam survei terungkap, 32 persen responden mengaku tidak tahu berapa gaji pasangannya, dan 4 persen mengatakan mereka menyembunyikan penghasilannya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan topik seputar uang jadi topik panas. Antara lain karena ada pemisahan harta, terutama ketika suami dan istri sama-sama bekerja. Faktor lain adalah utang, apalagi jika salah satu pihak memiliki utang yang lebih besar karena diskusi biasanya akan berujung saling menyalahkan. Lebih parah lagi jika ternyata jika pasangan diam-diam mengagunkan harta bersama sebagai jaminan utang.

Komunikasi yang terbuka adalah kunci untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut. Sebelum menikah seharusnya tema seputar pengelolaan keuangan keluarga sudah dibicarakan, dari diskusi ini Anda juga bisa mengenal karakter pasangan, apakah ia termasuk orang yang boros, kurang peduli, atau justru terlalu berhati-hati dengan uang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika perlu miliki perjanjian pranikah agar urusan keuangan masing-masing tidak tercampur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.