Kompas.com - 29/09/2017, 16:00 WIB
Ilustrasi menuang kopi dari french press RickSauseIlustrasi menuang kopi dari french press
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Para peminum kopi memang orang-orang kreatif. Selalu ada hal baru yang mereka temukan untuk meningkatkan level kenikmatan kopi, termasuk dengan menambahkan garam.

Menambahkan sejumput garam ke dalam kopi memang sempat menjadi tren beberapa waktu terakhir. Para penikmat kopi mengklaim garam mampu meningkatkan cita rasa kopi itu sendiri.

Sains juga membuktikan bahwa menambahkan garam mampu menetralisir rasa pahit kopi. Ini karena ion natrium dapat menekan rasa pahit dan meningkatkan cita rasa.

Cara yang sama sebelumnya sudah dilakukan oleh penggemar wine. Para ahli menyebut bahwa sedikit tambahan garam akan menghaluskan dan menyeimbangkan rasa wine murah.

Chief Technology Officer Microsoft Nathan Myhrvold juga melakuakn trik ini. Secara tidak sengaja ia memasukkan sejumput kecil garam ke dalam gelas tamunya dalam sebuah jamuan makan malam. Ternyata, rasa wine itu menjadi lebih enak.

Walau begitu, diperlukan takaran garam sedikit saja. Terlalu banyak justru akan merusak citarasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.