8 Aroma yang Bisa Bikin Bahagia

Kompas.com - 01/10/2017, 13:41 WIB
Ilustrasi pexelsIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Untuk memunculkan rasa bahagia, selain menggigit sepotong coklat atau menjilat es krim, rupanya mencium aroma wewangian tertentu cukup efektif mengangkat mood.

Tertarik untuk mengurangi tingkat stres dengan mencium aroma tertentu? Berikut ini daftarnya.

1. Pinus

Selain cantik untuk tempat berfoto, ternyata berjalan-jalan di hutan pinus juga mampu mengurangi rasa stres. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Kyoto di Jepang mengungkap, orang-orang yang melakukan shinrin-yoku, atau "mandi hutan", mengaku rasa depresi dan kecemasan mereka berkurang secara signifikan ketika mereka berjalan di hutan pinus.

2. Jeruk

Jika Anda butuh penyemangat dalam waktu singkat, cobalah mengendus aroma jeruk. Aroma buah yang kaya dengan vitamin C ini telah terbukti dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan. Penelitian telah mengungkapkan bahwa aroma lemon secara khusus dapat mengurangi stres dan meninggalkan kesan positif pada orang lain.

Berkat lebih dari 50 tahun iklan pembersih rumah tangga seperti, kita juga cenderung mengasosiasikan bau jeruk sebagai hal yang bersih dan menyenangkan.

3. Tabir surya

Jika bau tabir surya mengingatkan pada hari-hari di pantai yang cerah dan liburan tropis, Anda tidak sendiri. Efek positif aroma ini berhubungan dengan waktu liburan yang bebas stres, saat hari berjalan lebih santai dan bahagia dari biasanya.

4. Rumput segar

Periset di Australia menemukan bahwa bahan kimia yang dilepaskan oleh rumput yang baru dipotong dapat menyebabkan orang menjadi lebih rileks dan bahkan merasakan kegembiraan. Mereka bahkan telah memasukkan aroma rumput ke dalam parfum. Aromanya yang kuat dikatakan bisa mencegah penurunan mental seiring bertambahnya usia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X