Kompas.com - 02/10/2017, 10:55 WIB
Roti whole grain etiennevossRoti whole grain
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang yang mengurangi bahkan menghindari karbohidrat dalam menu makanannya. Sebagian besar menganggap bahwa karbohidrat ‘jahat’, karena menyebabkan berat badan naik dan kadar gula darah melonjak.

Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya tubuh Anda masih tetap butuh karbohidrat sebagai sumber utama energi? Ya, Anda tidak bisa menghindari karbohidrat sama sekali. Hal yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis karbohidrat yang sehat. Lalu, apa saja jenis karbohidrat? Mana yang paling sehat untuk tubuh?

Karbohidrat adalah jenis zat gizi yang mempunyai fungsi utama sebagai sumber energi untuk tubuh. bahkan, karbohidrat – khususnya gula – adalah makanan utama untuk otak. Jadi, Anda tidak bisa menghindari karbohidrat sama sekali hanya demi membuat berat badan turun. Bila Anda melakukannya, maka banyak masalah kesehatan yang akan timbul setelahnya.

Pada dasarnya, karbohidrat itu ada dua jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Kedua karbohidrat ini diolah dan dicerna dengan cara yang sedikit berbeda oleh tubuh. Keduanya, memang akan memengaruhi kadar gula darah, tetapi kecepatannya untuk menjadi gula darah berbeda.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Kita Menghindari Karbohidrat

Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana ini terkandung di dalam makanan manis, gula, madu, dan gula merah. Di antara jenis karbohidrat lain, karbohidrat sederhana ini yang paling cepat diserap dan diolah tubuh menjadi gula darah. hal ini terjadi karena bentuknya yang sederhana, sehingga mudah untuk dicerna.

Maka dari itu, penggunaan gula, madu, atau gula merah pada orang dengan diabetes tidak diperbolehkan. Makanan tersebut hanya akan membuat kada gula darahnya melesat naik dan kemudian penyakit diabetesnya tidak terkendali.

Karbohidrat kompleks

Jenis karbohidrat kompleks terdiri dari beberapa macam. Tapi, sebagian besar karbohidrat kompleks bisa Anda temukan di makanan pokok yang setiap hari Anda konsumsi, seperti nasi, kentang, mie, bihun, singkong, dan sejenisnya.

Pati

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.