Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Memilih Sabun Mandi yang Cocok untuk Kulit?

Kompas.com - 03/10/2017, 05:30 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki selera pribadi dalam memilih sabun mandi. Tapi, Anda sebaiknya tahu bahwa menggunakan sabun mandi yang cocok dengan jenis kulit merupakan salah satu cara untuk merawat kesehatan kulit.

Jadi, tidak hanya asal wangi saja, pemilihan sabun mandi pun juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Terlebih bagi yang memang memiliki jenis kulit cenderung sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak. Lantas, bagaimana cara memilih sabun mandi yang aman dan sehat?

1. Kulit sensitif

Jenis kulit yang satu ini memang bisa dibilang sedikit “rewel” untuk masalah perawatan. Jika salah memilih sabun, bisa-bisa kulit justru iritasi. Nah, untuk mencegah timbulnya iritasi, pemilik kulit sensitif sebaiknya menggunakan sabun mandi yang tidak mengandung pewarna dan parfum. Selain itu, pastikan sabun memiliki kandungan tingkat pH yang seimbang (pH balanced).

Anda juga bisa mencari sabun yang mengandung bahan-bahan organik. Pasalnya, sabun yang memiliki bahan-bahan organik cenderung tidak memiliki bahan pengawet untuk mengurangi efek samping yang buruk bagi kulit.

Tapi ingat, tidak semua kandungan dalam sabun khusus kulit sensitif cocok untuk Anda. Pasalnya, jenis kulit orang berbeda-beda, walaupun sudah banyak sabun untuk kulit sensitif beredar di pasaran, tapi tidak menjamin sabun tersebut langsung cocok untuk kulit seseorang. Jika ragu, cara terbaik adalah dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.

2. Kulit berminyak

Punya kulit berminyak memang sebuah masalah yang tiada akhir jika tidak ditangani dengan tepat. Pasalnya, kulit berminyak membuat makeup mudah luntur, rentan berjerawat, bahkan jadi ingin mandi setiap saat karena merasa badan lengket dan berminyak.

Nah, pemilik kulit jenis ini bisa menggunakan sabun antibakteri berbahan lembut seperti gliserin. Selain itu, pilihlah produk sabun yang tidak mengandung bahan kimia dan detergen untuk menghindari iritasi dan minyak berlebih. Sabun mandi yang berlabel oil-free adalah pilihan yang baik untuk membersihkan kulit berminyak.

4. Kulit kering

Pemilik kulit kulit kering sebaiknya menggunakan sabun mandi yang mengandung pelembab. Anda bisa memilih sabun yang mengandung gliserin. Gliserin memiliki khasiat melembabkan dan bisa menyerap air yang ada di udara. Nah, kandungan tersebut akan membuat kulit lembab untuk waktu yang lebih lama.

Selain memilih gliserin, Anda juga bisa memilih sabun mandi yang mengandung bahan-bahan organik seperti minyak zaitun, cocoa butter, lidah buaya, minyak kelapa, minyak jojoba dan alpukat jika kulit Anda kering.

Hindari juga pemakaian sabun berbahan deterjen atau antibakteri, kedua bahan ini dapat mengiritasi kulit sehingga kulit cenderung meradang dan dapat mengurangi produksi minyak alami di kulit.

Selain memilih sabun yang cocok, pemilik kulit kering juga sebaiknya menghindari mandi dengan air panas.

5. Kulit kombinasi

Karena terdiri atas kulit kering dan berminyak, kulit kombinasi perlu dibersihkan secara khusus dengan menggunakan produk yang berbeda-beda. Gunakan pembersih yang lembut dan mengandung sedikit bahan kimia

Pada area yang kering, Anda perlu menggunakan pelembap, sementara itu Anda memerlukan sabun pembersih yang mengandung benzoyl peroxide pada area kulit berminyak untuk mencegah peradangan atau kemunculan jerawat di dada, punggung, atau bagian tubuh lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com