Kompas.com - 03/10/2017, 20:57 WIB
Ilustrasi perempuan memegang cokelat Wavebreakmedia LtdIlustrasi perempuan memegang cokelat
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Banyaknya metode dan resep melangsingkan badan yang beredar seringkali justru membuat kita bingung memilih mana yang harus diikuti. Di antaranya, ada satu yang terdengar aneh sehingga Anda barangkali tidak akan mempercayainya.

Kita sering mendengar bahwa cokelat hitam atau dark chocolate baik untuk kesehatan, mulai dari mencegah penyakit jantung hingga melindungi kulit. Namun masih ada satu manfaat yang unik: aromanya bisa membantu Anda menjadi lebih langsing!

Penelitian tahun 2010 mempelajari efek cokelat hitam terhadap ghrelin, atau hormon yang merangsang nafsu makan dan mengirimkan sinyal rasa lapar ke otak. Para peneliti menggunakan 12 perempuan dengan indeks massa tubuh antara 18 dan 25 sebagai “kelinci percobaan.”

Awalnya semua diminta mengkonsumsi dark chocolate 85 persen sebanyak 30 mg. Lalu mereka dibagi menjadi dua kelompok, satu  kelompok makan 30 mg cokelat lagi, sedangkan kelompok kedua hanya mencium aromanya.

Hasilnya ternyata mengejutkan, semua peserta uji coba melaporkan penurunan selera makan dan tidak ingin ngemil setelah makan ataupun mencium aroma cokelat.

Pengukuran menunjukkan, mencium aroma cokelat bisa menurunkan tingkat ghrelin dalam tubuh. Ketika kadar hormon pemicu lapar itu berkurang, maka nafsu makan pun menjadi lenyap. Artinya, kemungkinan untuk menjadi langsing meningkat.

Meski demikian, penting untuk digarisbawahi bahwa riset ini tergolong kecil. Diperlukan peserta yang lebih banyak untuk menarik kesimpulan yang lebih sahih mengenai kemampuan cokelat hitam dalam meredam keinginan makan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila efek yang sama ternyata berlaku untuk Anda, mulai sekarang siapkan cokelat hitam dalam menu Anda. Saat lapar, ciumlah aromanya, siapa tahu keinginan untuk ngemil bisa diredam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.