Kompas.com - 04/10/2017, 09:04 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Perut “gendut” kerap menjadi musuh terbesar seiring bertambahnya usia. Olahraga tentu menjadi cara terbaik untuk mendapatkan perut yang rata, hanya saja sebagian besar olahraga mungkin hanya efektif mengencangkan otot perut, sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengikis lemak perut yang menggunung.

Kabar baiknya, sebuah studi baru memberikan pria harapan untuk mendapatkan perut lebih rata lebih cepat. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Sports Medicine dan Physical Fitness baru-baru ini mengungkapkan cara terbaik untuk meratakan perut.

Selama delapan minggu, 39 sukarelawan diminta berolahraga empat kali per minggu. Sementara satu kelompok melakukan kombinasi empat latihan kardio dan latihan kekuatan, kelompok lainnya melakukan dua latihan kekuatan dan dua latihan interval intensitas tinggi (latihan HIIT). Kemudian, para peneliti menggunakan serangkaian tes untuk menilai kemajuan peserta.

Hasilnya dinilai peneliti cukup jelas, kelompok yang mengombinasikan HIIT dengan latihan kekuatan tidak hanya menurunkan berat badan secara keseluruhan, tapi juga kehilangan lebih banyak lingkar pinggang jika dibandingkan dengan kelompok latihan lainnya.

Peserta HIIT juga secara signifikan mengurangi tingkat lemak viseral mereka, yaitu lemak yang ditemukan di perut dan terkait dengan masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2. Terlebih lagi, kelompok HIIT juga menunjukkan peningkatan kebugaran pernapasan kardio, sementara kelompok lain tidak.

Berkat pelepasan energi dalam jumlah banyak dalam waktu singkat selama latihan HIIT, tubuh terdesak untuk berlatih hingga batas absolut, menyebabkannya pembakaran lemak menjadi efektif, kata periset.

Empat sesi latihan HIIT seminggu bisa menjadi rahasia untuk mendapatkan six pack yang selalu Anda impikan dengan lebih efektif. Kombinasikan dengan latihan kekuatan untuk menyempurnakannya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.