Kompas.com - 04/10/2017, 11:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kita sering menghindari berdebat dengan pasangan karena alasan takut meretakan hubungan, tapi penelitian berkata sebaliknya.

Sebuah studi menunjukkan pasangan yang sering berdebat lebih bahagia dibandingkan mereka yang tidak pernah mengalami konflik.

Perkelahian terus-menerus bisa sebagai pertanda ada yang salah dalam hubungan, tapi menghindari konflik dan menyimpan perasaan dapat menyebabkan stres lebih besar dalam jangka panjang.

Jadi, apakah memperdebatkan sesuatu merupakan rahasia untuk bahagia dan mempererat hubungan percintaan?

Pakar hubungan Sundy Gilchirst setuju dengan hal tersebut dan percaya bahwa berdebat secara rutin sebenarnya bagus untuk kehidupan percintaan.

Mulai dari meningkatkan kehidupan seks hingga kepercayaan diri, berikut alasan mengapa pertengkaran ternyata berdampak baik untuk kita.

* Melepaskan stres dan kecemasan

Memilih untuk memendam perasaan dan berdiam diri tidak selalu baik untuk pasangan. Perasaan dan kata-kata yang ditahan untuk tidak dijadikan perdebatan dapat membawa tekanan pada tubuh dan pikiran.

Seiring berjalannya waktu, perasan yang disimpan dapat membuat kegelisahan dan depresi. Padahal, sumber stres lain sudah banyak dan ini bisa berakumulasi.

Sedikit respon cepat atau jika diperlukan berdepat dapat melepaskan emosi yang terpendam. Maka, berani untuk sedikit berargumen untuk meringankan ketegangan dalam jangka panjang.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.