Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2017, 20:33 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Sereh termasuk dalam tanaman rempah yang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk mengusir serangga pembawa kuman penyakit, misalnya kecoa dan lalat.

Menurut dr.Kartika Mayasari, lalat dan kecoa bisa jadi perantara masuknya kuman ke dalam rumah. "Karena lalat dan kecoa memang suka berada tempat yang kotor seperti selokan atau tempat sampah," katanya dalam acara peluncuran pembersih lantai S.O.S Sereh di Jakarta (3/10/2017).

Kuman yang bisa dibawa oleh serangga tersebut antara lain penyebab penyakit tifus, kolera, hingga diare.

Survei yang dilakukan oleh S.O.S tahun 2017 kepada lebih dari 500 ibu mengungkap, 73 persen ibu menganggap nyamuk dan kecoa sebagai serangga yang paling mengganggu, diikuti dengan semut dan lalat.

Kartika menambahkan, sangat penting menjaga sanitasi rumah untuk memelihara kesehatan keluarga. Rumah yang kotor rentan pada berkembangnya kuman, serangga, dan penyakit.

"Lantai yang mengilap dan wangi belum tentu bersih. Rumah dianggap bersih dan sehat jika anggota keluarga di dalamnya bebas dari penyakit dan sumber-sumber penyakit," ujarnya.

Ia menambahkan, bahan alami seperti sereh ternyata efektif untuk mengusir serangga. "Nyamuk dan serangga mengandalkan indera penciumannya untuk mencari korbannya. Minyak sereh menghasilkan aroma yang tidak disukai nyamuk dan serangga," katanya.

Tanaman sereh menghasilkan minyak atsiri, sitronelol dan geraniol yang sangat dihindari serangga, termasuk semut, nyamuk, dan kecoa.

Acara talkshow mengenai manfaat sereh di acara peluncuran produk S.O.S Sereh di Jakarta (3/10/2017).Dok Tempo Scan Acara talkshow mengenai manfaat sereh di acara peluncuran produk S.O.S Sereh di Jakarta (3/10/2017).
Ditambahkan oleh Deputy General Manager Brand Investment & Consumer Engagement S.O.S, Widhya Paramita, minyak sereh dipilih menjadi varian terbaru produk pembersih lantai S.O.S untuk mengusir kuman dan serangga.

"Kami memilih sereh karena terbukti mampu mengusir serangga tapi juga tidak berbahaya untuk digunakan. Terkadang usaha membersihkan rumah dengan pembersih lantai biasa tidak mampu menghalau serangga," kata Widhya dalam acara yang sama.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com