Kompas.com - 06/10/2017, 17:22 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Padatnya kesibukan sehari-hari, entah itu seputar pekerjaan di kantor, keluarga, atau masalah sekolah, tak ayal dapat membuat stres. Jika tidak ditangani, stres dapat mengancam kesehatan.

Stres berat bisa menyebabkan gigi ompong, kebotakan, hingga penyakit fisik dan masalah kejiwaan serius. Salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan menenangkan diri lewat metode relaksasi.

Berikut tiga metode relaksasi diri yang terbukti efektif untuk menghilangkan stres :

1. Latihan pernapasan

Ada banyak penelitian yang menunjukkan manfaat kesehatan dari latihan pernapasan dalam sebagai cara menghilangkan stres yang tepat. Oksigen yang masuk menggantikan karbon dioksida yang keluar saat kita bernapas dalam-dalam membawa segudang manfaat bagi sistem tubuh.

Mengendalikan pernapasan dilaporkan bisa memperlambat detak jantung dan menurunkan atau menstabilkan tekanan darah. Hal ini telah dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih rendah.

Caranya: Temukan tempat yang sepi dan nyaman untuk duduk atau berbaring. Setelahnya, coba untuk bernapas normal seperti biasanya dan letakkan tangan di atas perut. Kemudian ambil napas dengan perlahan lewat hidung, biarkan dada dan perut bawah Anda mengembang sampai Anda merasa tangan Anda ikut naik.

Biarkan perut Anda mengembang hingga mencapai kapasitas paling maksimalnya. Tahan napas Anda selama beberapa menit, dan kemudian buang napas perlahan lewat mulut (atau bisa lewat hidung jika Anda merasa ini yang lebih nyaman). Anda seharusnya juga akan merasa tangan Anda ikut perlahan turun. Ulangi selama beberapa menit.

Dengan mengendalikan pernapasan, Anda jadi memusatkan pikiran pada pernapasan yang lambat dan dalam sehingga membantu Anda melepaskan diri dari pikiran dan sensasi yang memicu stres. Bernapas dalam-dalam bisa menenangkan saraf di otak. Inilah alasan lain mengapa menarik napas dalam bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi stres.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Bernafas Lewat Hidung atau Mulut?

2. Meditasi

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.