Kapan Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Makan Buah?

Kompas.com - 11/10/2017, 05:18 WIB
Ilustrasi makan buah michaeljungIlustrasi makan buah
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Sayur dan buah merupakan makanan yang wajib masuk dalam menu harian Anda. Porsi sayur dan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi orang dewasa adalah 400-600 gram per harinya. Dari porsi tersebut, 2/3 terdiri dari sayur dan 1/3 nya adalah buah.

Jika dianalogikan, dalam sehari Anda disarankan mengonsumsi 2,5 porsi sayur (atau setara dengan 250 gram) dan 3 potong buah (misalnya 3 buah pisang ambon ukuran sedang, atau 3 buah jeruk berukuran sedang)

Apa faktor yang menentukan waktu terbaik untuk makan buah dan sayur? Kerja sistem pencernaan kita dalam memproses makanan merupakan salah satu penentu kapan kita harus makan buah dan sayur.

Buah-buahan mayoritas terdiri dari gula buah yaitu fruktosa. Sejak gigitan pertama, mulut akan menghasilkan enzim yang bekerja untuk memecah karbohidrat menjadi komponen yang lebih mudah dicerna.

Selanjutnya kerja enzim pemecah karbohidrat di perut terhenti karena lingkungannya yang bersifat terlalu asam. Proses ini akan berlanjut lagi di usus halus untuk menghasilkan komponen karbohidrat yang lebih sederhana sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Sebenarnya, fruktosa yang terkandung dalam buah sendiri sudah tergolong karbohidrat sederhana. Lalu apakah karena sudah berbentuk sederhana maka buah lebih cepat dicerna dibanding makanan lain? Belum tentu, karena masih ada komponen lain dalam buah yaitu serat, yang dapat memperlambat proses pencernaan.

Berbeda lagi dengan sayuran. Sayuran memiliki kandungan gizi yang lebih beraneka ragam jika dibandingkan dengan buah, karena terdapat karbohidrat, protein, dan juga lemak pada sayuran yang Anda makan.

Masing-masing zat gizi menjalani proses yang berbeda dengan enzim-enzim yang berbeda pula. Dengan lebih beragamnya jenis zat gizi serta jumlah serat yang lebih banyak, sayur memiliki waktu cerna yang lebih lama jika dibandingkan dengan buah.

Jadi kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi sayur buah? Jawabannya adalah kapan saja. Anda mungkin biasa mengonsumsi sayur buah bersamaan dengan waktu sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Hal ini sah-sah saja selama Anda dapat memenuhi kebutuhan sayur buah harian Anda.

Ilustrasi menyantap buahGeorgeRudy Ilustrasi menyantap buah
Kapan sebaiknya harus berhati-hati saat makan buah dan sayur?

Jika melihat cara sayur buah dicerna, ada beberapa keadaan di mana Anda mungkin harus mempertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk makan sayur dan buah.

1. Sebelum berolahraga

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X