Rambut Rontok Pada Pria Bisa Disebabkan Oleh Diet Ini

Kompas.com - 11/10/2017, 13:59 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Ini mungkin akan menjadi berita buruk bagi pecinta sayuran. Karena, ada temuan baru yang menyebutkan bahwa kerontokan rambut pada pria bisa jadi berasal dari pola makan vegan atau vegetarian.

Dr Hilary Jones seorang dokter asal Inggris, percaya bahwa "obat" kerontokan rambut bisa didapatkan dari daging yang mengandung zat besi, dan zat besi sendiri dipercaya sangat membantu pertumbuhan rambut.

Menurutnya, daging yang menyediakan nutrisi tinggi untuk pertumbuhan rambut berasal dari daging merah dan unggas yang semuanya kaya akan zat besi.

Tanpa mineral itu di dalam tubuh, maka risiko rambut rontok akan lebih besar, walau tentu ada faktor-faktor lain yang menentukannya. "Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok pada pria," kata Dr Hilary Jones.

"Pemicunya bisa jadi genetik, atau karena kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim, masalah tiroid, tapi juga bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi. Kekurangan zat besi adalah salah satunya," tambahnya.

"Mereka yang menghindari daging, mungkin karena pola makan vegan dan vegetarian, bisa saja tidak mendapatkan zat besi untuk rambutnya," terangnya.

Walau begitu, makanan kaya zat besi tidak hanya berasal dari hewan. Sayuran seperti bayam, kacang-kacangan dan buah kering juga memilikinya. Hanya saja biasanya orang tidak cukup mendapatkan zat besi dari jenis-jenis makanan itu.

Di lain pihak, pola makan vegan dan vegetarian dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang besar. Apalagi pola hidup ini didukung banyak selebriti seperti Jared Leto. Artinya akan sulit bagi para pria untuk memilih: makanan atau rambut mereka.

Baca juga: 12 Kondisi yang Menyebabkan Rambut Rontok

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber DMarge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X